PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN PROPORSI DANA INVESMENT ACCOUNT HOLDER TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020)

Ardian, Pratama (2023) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN PROPORSI DANA INVESMENT ACCOUNT HOLDER TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARDIAN PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Indeks yang digunakan sebagai acuan pengukuran tanggung jawab sosial perusahaan, termasuk bank syariah selama ini menggunakan Global Reporting Initiative Index (indeks GRI). Indeks GRI saat ini merujuk pada panduan GRI tahun 2011. Indikator-indikator yang digunakan dalam indeks GRI meliputi Profil dan Strategi Organisasi, Lingkup Ekonomi, Lingkup Lingkungan dan Lingkup Sosial. Pengukuran tersebut tentunya kurang tepat untuk perbankan syariah karena perusahaan yang diakui sebagai entitas syariah dan dinyatakan memenuhi syariat Islam seharusnya mengungkapkan informasi yang membuktikan perusahaan tersebut beroperasi sesuai dengan hukum Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris adanya pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Invesment Account Holder terhadap Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan tahunan (annual report) selama 5 periode. Populasi dari penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia dengan total sampel yang di uji sebanyak 10 Bank Umum Syariah dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti melakukan analisis secara keseluruhan terhadap laporan tahunan masing-masing Bank Umum Syariah dengan berdasarkan pada indeks tingkat ISR. Teknik analisis dari penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa variabel independen Financing to Deposit Ratio (X1), Return on Asset (X2), dan Investment Account Holder (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting (Y). Secara parsial Financing to Deposit Ratio (X1), dan Return on Asset (X2) berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting (Y), sedangkan Investment Account Holder (X3) tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting (Y). Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Invesment Account Holder dan Islamic Social Reporting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:28
Last Modified: 28 Aug 2023 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29945

Actions (login required)

View Item View Item