IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021/2022

MERLIN, FADILAH (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan kurangnya kemandirian belajar pada peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran terdapat peserta didik yang terlambat, tidak mengumpulkan tugas, mengobrol, dan tidak membawa buku. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor internal atau eksternal yang dapat mempengaruhi tingkat kemandirian belajar peserta didik. Sehingga sangat efektif digunakan untuk meningktkan kemandirian belajar peserta didik sehingga menjadi peserta didik yang bertanggung jawab dan disiplin setelah diberikanya bimbingan mengenai kemandirian belajar peserta didik diskeolah. Tujuan penelitian ini adalah layanan bimbingan dan konseling guna meningkatkan kemandirian belajar pada XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Dalam menentukan subjek dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling. Hasil Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Bandar Lampung, sangat berupaya dalam meningkatkan kemandirian belajar pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung sehingga pembelajaran disekolah tersebut meningkat. Wawancara yang digunakan melalui wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling disekolah guna membantu penelitian ini Kata Kunci : Implementasi Guru, Bimbingan Konseling Belajar, Kemandirian Belajar iii ABSTRACT This study describes the implementation of counseling guidance teachers in increasing student learning independence through learning counseling services. The problem in this study was related to the lack of independent learning in students so that in the learning process there were students who ware late, don't submit assignments, chat, and don't bring books. This could happen because of internal or external factors that could affect the level of student learning independence. So that it was very effectively used to increase the learning independence of students so that they become responsible and disciplined students after being given guidance regarding the independent learning of students in school. The purpose of this study was to find out the efforts of guidance and counseling teachers in increasing learning independence through learning counseling services at XI SMAN 8 Bandar Lampung in 2021/2022. This study uses a descriptive qualitative method. Data collection procedures using the method of observation, interviews, and documentation. The participants in this study were students of class XI at SMA Negeri 8 Bandar Lampung. In determining the subjects in this study using Purposive Sampling Techniques. The results of the research conducted at SMA Negeri 8 Bandar Lampung, were very trying to improve learning independence in class XI students at SMA Negeri 8 Bandar Lampung so that learning at the school increases. Interviews were used through interviews with Guidance and Counseling teachers at schools to assist this research . Keywords: Teacher Implementation, Counseling Guidance, Learning Independence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:28
Last Modified: 28 Aug 2023 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29944

Actions (login required)

View Item View Item