PENGEMBANGAN E- MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING(PBL)MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI SISTEM GERAK

CINDY, PUTRI (2023) PENGEMBANGAN E- MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING(PBL)MENGGUNAKAN BOOK CREATOR PADA MATERI SISTEM GERAK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of CINDY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran biologi tidak hanya dihadapkan pada teori-teori saja melainkan harus dihadapkan pada permasalahan yang ada di dunia nyata sehingga permasalahan yang ada dapat terpecahkan. Model pembelajaran yang dipilih guru merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran. Tahap perencanaan dalam proses pembelajaran akan menentukan penggunaan model pembelajaran yang akan diterapkan. Hasil observasi di Mts Al�Hikmah menunjukan bahwa bahan ajar menggunakan E-Modul belum tersedia. Untuk itu, dikembangkan E-Modul yang menarik pada materi sistem gerak manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui cara pengembangan dan mengetahui kelayakan e-modul aplikasi creator biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Book Creator pada Materi Sistem Gerak yang telah divalidasi beberapa ahli dan direspon oleh pendidik dan peserta didik. Penelitian ini mengembangkan e-modul aplikasi creator biologi dengan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development), penelitian dan pengembangan ini merupakan langkah dalam mengembangkan produk baru. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Tahap validasi desain melibatkan orang subjek (dua orang ahli bahasa, orang ahli materi, dan orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, desain e-modul dan kelayakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Tahap uji coba melibatkan peserta didik ( peserta didik di uji skala terbatas dan peserta didik uji coba skala luas) dan melibatkan pendidik untuk melihat tanggapan pada e-modul tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh persentase % dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh persentasi % dengan kategori layak sedangkan ahli media memperoleh persentasi % dengan kategori sangat layak. Pada uji coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas persentase yang diperoleh dengan kategori sangat layak, pada uji coba skala luas persentase yang diperoleh % dengan kategori sangat layak. Kata kunci : E-Modul, Problem Based Learning (PBL), ADDIE iv ABSTRAK Biology learning is not only faced with theories but must be faced with problems that exist in the real world so that existing problems can be solved. The learning model chosen by the teacher is one way to improve the quality of learning. The planning stage in the learning process will determine the use of the learning model to be applied. The result of observations at Mts Al-Hikmah show that teaching materials using the e-module are not yet available. For tfis reason, an e-module was developed on the human movement system material. The purpose of this study was to find out how to develop and find out the feasibility of e-module creator biology applications based on Problem Based Learning (PBL) Using Book Creator on Movement System Material which has been validated by several experts and responded by educators and students. Research and Development is a type pf research tahat uses the R&D development method (Research and Development, this development research is a step in developing new product or developing existing product. Module development uses the ADDIE development model, namely: Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate. The desigm validation stage involves subject (two linguist, material experts, and media expert) involved to assess the appropriateness of good and correct indonesian. The trial phase invloved students ( limited-scale trial students and broad�scale trial student) The results showed that the feasibility value by linguists obtained a percentage of in the very feasible category, material experts obtained a percentage of in the feasible category, while media experts obtained a percentage of in the very feasible category. In product trials on student”s respon on a limited scale the percentage obtained was with the very feasible category, on the broad scale trial the percentage obtained was with the very feasible category. Keyword: E-Module, Problem Based Learning (PBL) ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:38
Last Modified: 28 Aug 2023 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29942

Actions (login required)

View Item View Item