TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI TENTANG ATURAN BELOK KIRI IKUTI ISYARAT LAMPU LALU LINTAS PADA UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (Studi Pada Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung)

VIRA, REZKIKA ANGGRIANI (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI TENTANG ATURAN BELOK KIRI IKUTI ISYARAT LAMPU LALU LINTAS PADA UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (Studi Pada Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi VIRA REZKIKA ANGGRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah lalu lintas merupakan masalah yang dihadapi oleh negara-negara yang maju dan juga negara-negara berkembang seperti Indonesia. Namun, di Indonesia, permasalahan yang sering dijumpai pada masa sekarang menjadi lebih parah dan lebih besar dari tahun- tahun sebelumnya, baik mencakup kecelakaan, kemacetan dan polusi udara serta pelanggaran lalu lintas. Oleh karena itu upaya preventif dalam menjaga keamanan dan keselamatan di jalan harus menjadi prioritas yang diutamakan. Tata cara berlalu lintas secara umum telah diatur dalam Bab IX Bagian Keempat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam bagian keempat tersebut, telah diatur bahwa setiap orang yang menggunakan jalan wajib dan berprilaku tertib dan atau mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan (pasal 105). Ketentuan yang diatur dalam pasal 105 secara umum bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kelancaran berlalu lintas Dalan aturan lalu lintas yang lama pasal 59 ayat 3 PP No. 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, bahwa pengemudi dapat langsung belok kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri. Rumusan pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana Implementasi Tentang Aturan Belok Kiri Ikuti Isyarat Lampu Lalu lintas Pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Polresta Bandar Lampung? 2. Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah dalam Implemetasi Tentang Aturan Belok Kiri Ikuti Isyarat Lampu Lalu lintas Pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan? Jenis dan metode penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui wawancara, observasi, maupun pustaka. Dan berupa sumber hukum Islam, dan peraturan perundang-undangan Berdasarkan hasil dan temuan dari penelitian Tinjauan Fiqh Siyasah dalam Implementasi Tentang Aturan Belok Kiri Ikuti Isyarat Lampu Lalu lintas Pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Hal ini sejalan pula dengan hukum Islam karena implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 ini merupakan bentuk ketaatan masyarakat kepada Ulil Amri (pemimpin) untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat Kata Kunci : Fiqh siyasah , Polresta Bandar Lampung , Lalu Lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:35
Last Modified: 25 Aug 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29940

Actions (login required)

View Item View Item