ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 3 KOTABUMI

QONITA, BAGUMA PUTRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 3 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI QONITA BAGUMA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi sains adalah ilmu pengetahuan dan pemahaman konsep serta proses ilmiah yang memungkinkan seseorang untuk memahami serta mengambil keputusan berdasarkan pengetahuannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis profil kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan instrumen NOSLiT, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Negeri 3 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan soal tes berdasarkan instrumen NOSLiT . Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan literasi sains peserta didik kelas X Mipa 5 di SMA Negeri 3 Kotabumi tergolong rendah dengan nilai rata-rata persentase sebesar 44%. Capaian literasi sains yang paling rendah adalah pengetahuan ilmiah, kaidah bukti ilmiah, dan watak ilmiah dengan presentase yang sama yaitu 44% dengan kategori rendah. Sedangkan capaian literasi sains peserta didik pada kategori sedang yaitu pada indikator miskonsepsi sains dengan presentase 60%. Faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut yaitu kualitas pembelajaran, assessmen dan buku teks yang digunakan dalam proses pembelajaran. Buku teks yang digunakan sebagai acuan peserta didik masih berbasis materi belum berbasis kegiatan percobaan atau penyelidikan sehingga jarang ditemukan berbagai istilah-istilah tentang sains. Peserta didik juga masih kurang dalam memahami konsep karena kebanyakan peserta didik hanya sekedar menghafal sehingga konsep-konsep tersebut mudah dilupakan. Jadi, kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem menggunakan instrumen NOSLiT masih tergolong rendah dan faktor yang mempengaruhi yaitu peserta didik masih kurang dalam memahami konsep-konsep ilmiah atau sains. Kata Kunci: Analisis, Literasi Sains, NOSLiT iii ABSTRACT Science literacy is the science and understanding of concepts and scientific processes that enable a person to understand and make decisions based on his or her knowledge. Based on the pre-study conducted, it shows that the science literacy skills of students are still low. The purpose of this research is to analyze the profile of science literacy skills of the students using the NOSLiT instruments and the factors that affect the scientific literacy abilities of students in the State High School 3 City. This study uses qualitative methods. The Population used is all students of class X in high School State 3 Cities. The samples in this study used random sampling techniques. The data collection techniques used are interviews, lifts, and tests based on NOSLiT instruments. The results of the study showed that the profile of science literacy skills of students in grade X Mipa 5 in the State High School 3 of the City was low, with an average percentage of 44%. The lowest levels of scientific literacy are scientific knowledge, scientific evidence, and scientific character, with a similar presentation of 44% in the low category. While the achievement of science literacy among participants in the middle category is on the indicator of misconception of science with a presentation of 60%, factors affecting the condition are the quality of learning, assessment, and textbooks used in the learning process. The textbooks used as references for students are still based on materials that are not yet based on experimental or research activities, so it is rare to find various terms about science. Students are also less likely to understand the concept because most are only memorizing it, and the concepts are easily forgotten. Thus, the conclusion in this study is that the ability of students to literate science on the material of the ecosystem using NOSLiT instruments is still low and the influential factor is that students still lack in understanding scientific concepts or science. Keywords: Analysis, Scientific Literacy, and NOSLiT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:34
Last Modified: 25 Aug 2023 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29939

Actions (login required)

View Item View Item