FUNGSI MANAJEMEN PELAKSANAAN DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRIPONDOK PESANTREN AL-FALAH KAMPUNG PAGAR BARU KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT

RENDI, PRANATA MARWA (2023) FUNGSI MANAJEMEN PELAKSANAAN DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRIPONDOK PESANTREN AL-FALAH KAMPUNG PAGAR BARU KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENDI PRANATA MARWA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen dakwah juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dalam berbagai aspek ajarannya agar diaktualisasikan dalam bersikap, berpikir, dan bertindak. Dalam konteks inilah relevansi manajemen dakwah hadir sebagai solusi bagi persoalan-persoalan yang dihadapi umat, karena di dalamnya penuh dengan nasihat, pesan keagamaan dan solusi, serta keteladanan untuk menghindari diri dari hal-hal negatif kepada hal-hal positif dalam ridha AllahSwt. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana fungsi manajemen dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pesisir Barat? dan metode apa yang digunakan dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pesisir Barat? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui fungsi manajemen dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pesisir Barat dan untuk mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pesisir Barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding dan sistematisasi data, kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang mengutamakan efektivitas proses dan hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan. Fungsi manajemen dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pesisir Barat dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan tujuan, merumuskan keadaan sekarang, mengidentifikasikan kemudahan dan hambatan, serta mengembangkan serangkaian kegiatan seperti mengerjakan sholat bersama, hadroh, pengajian rutin, berlatih berpidato, latihan bercerita, dan puasa bersama. Pengorganisasian dengan membuat job description terhadap program santri yang melibatkan semua unsur pondok, dari penugasan tersebut diaktulisasikan dalam bentuk kegiatan dengan satu pengarahan yang jelas pimpinan yang dilaksanakan semua anggota. Pelaksana nya yakni dengan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode cerita, metode perumpamaan, dan metode ganjaran. Faktor pendukung fungsi manajemen dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Falah Pesisir Barat di antaranya adanya dorongan atau kemauan yang ada pada diri santri untuk menuntut ilmu agama, ada peran serta orang tua untuk mendukung apa yang sudah diperoleh di pesantren untuk mengawasi ketika santri di rumahnya masing-masing. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya tercukupi dalam sarana dan prasarana yang ada, adanya lingkungan yang secara langsung berbaur kepada masyarakat sekitar, dalam lingkungan sekolah yang mayoritas siswanya tidak hanya dari Pondok, tetapi ada siswanya yang dari masyarakat luar di lingkungan pondok, kurang adanya ketegasan di mana sebagian para santri adalah mahasiswa maka ketika ditegur tidak dihiraukan, seperti kurang disiplin, beberapa santri yang kurang disiplin dan mengabaikan kegiatan pesantren seperti shalat berjamaah, Kata Kunci : Fungsi Manajemen, Pondok Pesantren, Pembinaan Akhlak. ABSTRACT Da'wah management also aims to increase religious understanding in various aspectsof its teachings so that it is actualized in behaving, thinking, and acting. It is in this context that the relevance of da'wah management exists as a solution to the problems faced by the ummah, because it is full of advice, religious messages and solutions, as well as examples to avoid negative things to positive things for the pleasure of Allah SWT. The formulation of the problem in this study is, what is the function of management in fostering the morals of students at Al- Falah Islamic Boarding School on the West Coast? and what methods are used in fostering the morals of students at the West Coast Al-Falah Islamic Boarding School? The purpose of this research is to find out the function of management in fostering the morals of students at the Al- Falah Islamic Boarding School on the West Coast and to find out what methods are used in fostering the morals of students at the Al-Falah Islamic Boarding School on the West Coast. This type of research uses field research and the nature of this research is descriptive qualitative research. The data sources used are primary data and secondary data. The population in this study was 124 people and the sample in this study was 5 people. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data management techniques, namely, editing, coding and systematization of data, then the data is analyzed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Testing the validity of the data using a triangulation technique that prioritizes the effectiveness of the process and the desired results. Based on the research results can be drawn a conclusion. Management functions in fostering the morals of students at the West Coast Al-Falah Islamic Boarding School with planning, organizing, implementing and supervising. Planning is done by setting goals, formulating the current situation, identifying conveniences and obstacles, and developing a series of activities such as praying together, hadroh, routine recitation, practicing speeches, practicing telling stories, and fasting together. Organizing by making job descriptions for the santri program which involves all elements of the pondok, the assignment is actualized in the form of activities with a clear direction from the leadership carried out by all members. The implementation is by exemplary method, habituation method, advice method, story method, parable method, and reward method. Factors supporting the management function in fostering the morals of students at the West Coast Al-Falah Islamic Boarding School include the existence of encouragement or willingness in the students to study religion, there is the role of parents to support what has been obtained at the Islamic boarding school to supervise when students are their respective homes. While the inhibiting factors are the lack of adequate facilities and infrastructure, the existence of an environment that directly blends into the surrounding community, in a school environment where the majority of students are not only from Islamic boarding schools, but there are students from outside communities in the Islamic boarding school environment, lack of firmness where some of the santri are students, so when they are reprimanded they are ignored, such as lack of discipline, some students who lack discipline and ignore Islamic boarding school activities such as congregational prayers, Keywords: Management Functions, Islamic Boarding Schools, Moral Development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:31
Last Modified: 25 Aug 2023 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item