DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KOMUNIKASI KELUARGA DI KAMPUNG LEBAK PENIANGANWAY KANAN

UMAEDI, Muhammad Kholik (2023) DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP KOMUNIKASI KELUARGA DI KAMPUNG LEBAK PENIANGANWAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Game online merupakan salah satu permainan yang hanya bisa diakases melalui jaringan internet. Seiring dengan perkembangan teknologi, internet memiliki jaringan yang semakin meluas dan berkembang dengan sangat pesat. Salah satu contoh bukti perkembangan internet adalah maraknya game online. Game online merupakan salah satu perwujudan dari perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dalam sebuah permianan game online sendiri terdapat aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah. Dari perkembangan tersebut, media internet memiliki dampak positif dan negatif tergantung pada bagaimana tiap individu dapat memanfaatkan fasilitas internet tersebut. Bermain game online kini menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali anak usia remaja. Sebagian besar anak usia remaja lebih memilih bermian game sebagai tempat rekreasi di dunia maya terlepas dari usia dan budaya. Bahkan menjadikan game online sebagai prioritas dari kegiatan lainnya. Dampak dari bermain game online yang berlebihan ini menimbulkan dampak negatif terhadap komunikasi keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana dampak game online terhadap komunikasi keluarga di Dusun Srimukti Kampung Lebak Peniangan Kecataman Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan ? Upaya orang tua dalam membangun komunikasi antarpribadi yang efektif dengan anak pengguna game mobile dilingkup keluarga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak game online pada anak terhadap komunikasi antarpribadi orang tua dan anak dilingkup keluarga, untuk mengetahui proses komunikasi keluarga dalam membangun komunikasi antarpribadi yang efektif antara orang tua dan anak dilingkup keluarga. iii Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian lapangan yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya dengan populasi 56 anak usia remaja dan sample 10 anak usia remaja di Desa Srimukti Kampung Lebak Peniangan dengan mengumpulkan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Beradasarkan hasil analisis dari peneltian penulis menunjukan bahwa dari 10 anak usia remaja yang bermain game online mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif terhadap komunikasi efektif dilingkup keluarga. Kata Kunci: Game Online, Komunikasi Keluarga iv ABSTRACT Online games are games that can only be accessed via the internet. Along with the development of technology, the internet has a network that is expanding and growing very rapidly. One example of evidence of the development of the internet is the rise of online games. Online games are an embodiment of current technological developments. In an online game, there are certain rules so that there are winners and losers. From these developments, internet media has positive and negative impacts depending on how each individual can use internet facilities. Playing online games has now become a necessity for most Indonesian people. The teenagers are no exception. Most teenagers prefer to play games as a place of recreation in cyberspace regardless of age and culture. Even making online games a priority from other activities. The impact of playing excessive online games has a negative impact on family communication. The formulation of the problem in this study is "How is the influence of online games on family communication in Srimukti Hamlet, Lebak Peniangan Village, Rebang Tangkas District, Way Kanan Regency? Efforts of parents in building effective interpersonal communication with children using mobile phone games in the family environment. The purpose of this study was to determine the effect of online games on children on interpersonal communication between parents and children in the family, to determine the process of family communication in building effective interpersonal communication. between parents and children in the family environment. family. This type of research is field research, which is a field research conducted in real life with a population of 56 teenagers and a sample of 10 teenagers in Srimukti Village, Lebak Peniangan Village by collecting interview, observation and documentation data. v Based on the results of the analysis of the author's research, it shows that from 10 teenagers who play online games say that online games have a negative impact on effective communication within the family. Keyword: Online Games, Family Communication

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:11
Last Modified: 25 Aug 2023 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item