ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN LANJUT USIA MISKIN (Studi di Desa Gaya Baru II Kecamatan Seputih Surabaya)

IRFAN, WAHYUDI (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN LANJUT USIA MISKIN (Studi di Desa Gaya Baru II Kecamatan Seputih Surabaya). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 -2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan adalah salah satu aspek yang cukup penting untuk menjaga dan membina terjadinya stabilitas sosial dan ekonomi agar terjadinya keseimbangan dan tidak ada kesenjangan sosial. Namun sebagian warga khususnya para lansia masih belum mendapatkan atau merasakan kesejahteraan itu sendiri sehingga hal ini menjadi perhatian pemerintah khusunya pemerintah Kabupten Lampung Tengah melalui Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut usia miskin diharapkan dapat membantu para lansia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut usia miskin? 2) bagaimana perspektif Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut usia miskin? Penelitian ini bersifat deskriptif analisi kualitatif dan dilakukan dengan metode yuridis empiris, dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan (field research) dimana data-data yang diambil merupakan hasil penelitian dari lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan bersifat deskriptif analisis. Metode tersebut diperoleh melalui data–data yang bersumber dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi serta sumber–sumber lain yang mendukung yang berkaitan dengan objek penelitian. Untuk mewujudkan penelitian yang mengacu pada kajian normatif, maka penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peraturan Daerah Kabupatean Lampung Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia Miskin telah diimplementasikan oleh pemerintah desa cukup baik meskipun dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa kendala terutama adanya wabah covid. Menurut Fiqh Siyasah penyelenggaraan kesejahteraan lanjut usia miskin berjalan dengan cukup baik dalam analisis fiqih siyasah, hal ini dikarenakan pemerintah desa berfokus menangani keadaan darurat yakni wabah penyakit Covid-19 dan dalam Islam hukumnya mubah atau diperbolehkan untuk dilakukan dalam syariat Islam. Kata kunci : Kesejahteraan, Lanjut Usia, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:53
Last Modified: 25 Aug 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29932

Actions (login required)

View Item View Item