PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN REPLIKA PETA BUDAYA BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD

YUSSI, RESTU SAFIRA (2023) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN REPLIKA PETA BUDAYA BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab1-2 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui desain pembelajaran replika peta budaya berbasis digital untuk meningkatkan literasi budaya pada mata pelajaran IPS di SD dan juga untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan desain pembelajaran replika peta budaya. Desain pembelajaran ini dibuat untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi pendidik dan peserta didik dengan adanya desain pembelajaran ini peserta didik lebih antusias dalam kegiatan belajar. Metode penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) berdasarkan model Borg and Gall yang menggunakan tujuh langkah tahapan dalam penelitian yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi ke tempat penelitian, interview (wawancara) kepada pendidik, dan angket validasi yaitu validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi ketempat penelitian, interview (wawancara) kepada pendidik, dan angket validasi yaitu validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta respon peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa hasil validasi yaitu dari ahli materi mencapai nilai rata-rata 80% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian oleh ahli media mencapai nilai rata-rata 82% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil penilaian oleh ahli bahasa mencapai nilai rata-rata 92% dengan kategori “sangat layak” serta uji coba skala kecil mencapai 93% dengan criteria “sangat menarik” dan rata-rata uji coba skala besar mencapai 91% dengan criteria “sangat menarik”. Serta keefektifan desain pembelajaran replika peta budaya berbasis digital berdasarkan hasil analisis N-Gain kelompok besar memperoleh nilai 0,77 dan kelompok kecil 0,81 dengan kategori “tinggi”. iii ABSTRACK This study aims to determine the learning design of digital�based cultural map replicas to increase cultural literacy in social studies subjects in elementary schools and also to determine the validity and effectiveness of cultural map replica learning designs. This learning design was made to facilitate teaching and learning activities for educators and students. With this lerning design, students are more enthusiastic in learning activities. This research method is Research and Development (R&D) based on the Borg and Gall model which uses seven steps in research, namely 1) Potential and Problems, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Improvement, 6) Product Trial, 7) Product Revision. Data collection techniques in this study used observation at the research site, interviews with educators, and validation questionnaires, namely the validation of material experts, media experts and linguists. Data collection techniques in this study used observation at the research site, interviews with educators, and validation questionnaires, namely validation of material experts, media experts, and linguists as well as student responses. Based on the results of the assessment by material experts, media experts, and linguists, the validation results were that the material experts achieved an average score of 80% in the “very feasible” category, the results of the assessment by media experts reached an average value of 82% in the “very decent” category. Feasible”, and the results of the assessments by linguists reached and average score of 92% with the category “very feasible” and small-scale trials reached 93% with the criteria “very interesting” and the average large-scale trials reached 91% with the criteria “very interesting”. As well as the effectiveness of the digital-based cultural map replika learning design based on the results of the N-Gain analysis the large group obtained a value of 0.77 and the small group 0.81 in the “high” category

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:55
Last Modified: 25 Aug 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29931

Actions (login required)

View Item View Item