PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI ANYFLIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 MI.

Rima, Pertiwi (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI ANYFLIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIMA PERTIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu dalam proses pembelajaran menggunakan buku tematik dan buku cetak mata pelajaran yang kurikulum sebelumnya .Penggunaan TIK memang sudah diterapkan dalam proses pembelajaran, namun dalam mata pelajaran IPS peserta didik masih menggunakan media berupa gambar-gambar, sarana dan prasarana yang ada sudah memadai untuk menunjang proses pembelajaran menggunakan media, terutama media yang berbasis elektronik. Namun dalam pemanfaatanya pendidik belum memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana tersebut. Mengenai pembelajaran IPS yang menghubungkan terhadap kondisi lingkungan sekolah dan tempat tinggal serta sosial budaya belum pernah dilakukan, bahkan pengembangan bahan ajar yang di dalamnya memuat kerifan lokal belum pernah di lakukan juga. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model Borg and Gall yang diadaptasi Sugiyono, dengan tujuh tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi validasi desain, uji coba produk secara luas, serta revisi hasil uji coba produk secara luas. Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media, dua ahli bahasa, dua ahli materi dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan sepuluh peserta didik dan uji skala besar 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MIN 6 Bandar Lampung. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul berbantuan aplikasi anyflip berbasis kerifan lokal pada mata pelajaran IPS memperoleh nilai rata-rata ahli media 80,8%, ahli bahasa 87,45%, ahli materi 84,15 % dan rata-rata pendidik 82,7%. Sedangkan penilaian peserta didik pada tahap uji skala kecil 97,2% dan uji skala besar 90,7%, hal ini menunjukkan bahan ajar e-modul berbantuan aplikasi anyflip berbasis kerifan lokal pada mata pelajaran IPS layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: e-modul, kerifan lokal ii The background of this research is based on the problem, namely in the learning process using thematic books and printed books on subjects from the previous curriculum. The use of ICT has indeed been implemented in the learning process, but in social studies subjects students still use media in the form of pictures, existing facilities and infrastructure. sufficient to support the learning process using media, especially electronic-based media. However, in its utilization, educators have not maximized the use of these facilities and infrastructure. Regarding social studies learning that links to the conditions of the school environment and residence as well as socio-culture, it has never been carried out, and even the development of teaching materials which include local wisdom has never been carried out either. This study uses the R&D method with the Borg and Gall model adapted by Sugiyono, with seven stages namely potentials and problems, data collection, product design, design validation, design validation revision, extensive product testing, and revision of product trial results extensively. Feasibility validation was carried out with two media experts, two linguists, two material experts and two educators. The field test consisted of a small-scale test with ten students and a large-scale test with 30 students. This research was conducted at MIN 6 Bandar Lampung. Based on these stages, it can be concluded that the e-module teaching materials assisted by the anyflip application based on local wisdom in social studies subjects obtained an average score of 80.8% % media experts, 87.45% linguists, 84.15% material experts. % and the average teacher is 82.7%. While the assessment of students at the small-scale test stage was 97.2% and the large-scale test was 90.7%, this shows that e-module teaching materials assisted by anyflip applications based on local wisdom in social studies subjects are feasible to use in the learning process. Keywords: e-module, local wisdom

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:15
Last Modified: 25 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29928

Actions (login required)

View Item View Item