PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG

Desi, Alviani (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of skripsi full desi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRACT THE INFLUENCE OF GROUP COUNSELING SERVICES USING POSITIVE REINFORCEMENT TECHNIQUES ON LEARNING MOTIVATION AT MTs N 2 BANDAR LAMPUNG By Desi Alviani Group Guidance Service is a step to help individuals individually or in groups in solving peer problems which includes individual and group relationships in all social activities to help peers in improving their abilities. students who generate activities and learning directions for achieving a goal desired by students, no matter how good the potential of the child or student includes intellectual abilities, talents and interests of students and the material being taught as well as complete learning facilities and infrastructure in being brave if students are not motivated in learning, the teaching and learning process will not be optimal. According to Walker and Shea in 1984 positive reinforcement is an event or something that makes the desired behavior likely to be repeated because it is liked. Motivation to learn is an encouragement within students that causes activities and learning directions to achieve a goal desired by students, no matter how good the child's potential is which includes the intellectual abilities or talents of students and the material being taught as well as the complete means of learning to be brave if students are not motivated in learning, then the teaching and learning process will not be optimal The method and type of this research is a type of pre-experimental quantitative research, which is carried out by giving certain treatment to the subject concerned by using a one-group pretest-posttest design. The essence of this opinion is that character building refers to a series of attitudes, behaviors, motivations. motivations), and skills. This type of research is a type of pre�experimental quantitative research, which is carried out by giving certain treatment to the subject concerned using a one-group pretest-posttest design. The results of the pretest and the results of the posttest of Class VII students, the score obtained from the pretest was 84.9 with an average or mean value of 84.9 and the results obtained from the posttest were 2.08.3 with the result of a total average or mean value of 2.08.3 there is a difference between the results of the pretest score and the results of the posttest score of 2.08.3 with an average value of 2.08.3 From the results of the total score and average value of the pretest and posttest it shows that there has been an increase in learning motivation of class VII students after being given Group Guidance. Keywords: Group Guidance, Positive Reinforcement, Learning Motivation iv ABSTRAK PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Desi Alviani Layanan Bimbingan Kelompok adalah suatu langkah untuk membantu individu secara pribadi ataupun kelompok dalam menyelesaikan masalah teman sebayanya yang mencakup hubungan secara individual maupun kelompok pada semua aktivitas sosial untuk membantu teman sebayanya dalam meningkatkan kemampuan nya. peserta didik yang menimbulkan kegiatan serta arah belajar untuk pencapaian suatu tujuan yang dikehendaki peserta didik, sebaik apapun potensi anak atau pserta didik yang meliputi kemampuan intelektual, bakat serta minat siswa dan materi yang diajarkan serta lengkapnya sarana dan prasarana belajar dalam menjadi berani bila siswa tdak termotivasi dalam belajar, maka proses belajar mengajar tidak akan optimal. Menurut walker dan shea pada tahun 1984 reinforcement positif merupakan peristiwa atau sesuatu yang membuattingkah laku yang dikehendaki berpeluang diulang karna bersifat disenangi. Motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan serta arah belajar untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki peserta didik,sebaik apapun potensi anak yang meliputi kemampuan intelektual atau bakat siswa dan materi yang diajarkan serta lengkapnya sarana belajar dalam menjadi berani bila siswa tdak termotivasi dalam belajar, maka prosese belajar mengajar tidak akan optimal Metode dan Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif preeksperimental yaitu yang dilakukan dengan pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan one-group pretest-posttest design Inti pendapat ini bahwa pembentukan karakter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif preeksperimental yaitu yang dilakukan dengan pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil pretest dan hasil posttest peserta didik kelas VIIC di MtsN 2Bandar Lampung yang didapatkan dari pretest sebesar 849 dengan nilai rata-rata atau mean 849 dan hasil skor yang didapatkan dari posttest yang telah diperoleh sebesar 2.083 dengan hasil jumlah nilai rata-rata atau mean 2.083 terdapat selisih antara hasil skor pretest dan hasil skor posttest sebesar 2.083 dengan nilai rata-rata 2.083 Dari hasil jumlah skor dan nilai rata-rata v pretest dan posttest menunjukkan telah adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII setelah diberikannya Bimbingan Kelompok. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Reinforcement Positif, Motivasi Belaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:06
Last Modified: 25 Aug 2023 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item