PENINGKATAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FREE EXPRESSION PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN 1 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Erni, Indriani (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FREE EXPRESSION PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN 1 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERNI INDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya kreativitas peserta didik kelas IV SDN 1 Penengahan saat pembelajaran SBdP belum berjalan secara maksimal, berdasarkan data prasiklus peserta didik yang dapat dikatakan tuntas 10 dari 26 peserta didik dengan presentase 38% dan nilai rata-rata 59, hal tersebut terjadi karena kurangnya kreativitas peserta didik dalam membuat kerajinan ataupun memanfaatkan sesuatu bahan yang dapat dijadikan barang yang bermanfaat hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran jarang sekali peserta didik melakukan praktek membuat bahan kerajinan, dan juga terdapat beberapa peserta didik yang kurang nya fokus pada saat proses pembelajaran, sehingga apa yang disampaikan oleh pendidik tidak begitu maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar SBdP melalui metode free exspression peserta didik SDN 1 Penengahan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Penengahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, dan tekhnik analisis datanya dengan analisis kualiatif dan kuantitatif. Hasil kreativitas peserta didik dalam pembelajaran SBdP dengan materi kolase di kelas IV SDN 1 Penengahan, pada siklus I hasil penilaian berdasarkan obeservasi karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 15 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 57,6% dan hasil penilaian kreativitas berdasarkan hasil karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 16 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 61,5%. Pada siklus II hasil penilaian berdasarkan obeservasi karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 23 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 88,4% dan hasil penilaian kreativitas berdasarkan hasil karya peserta didik iii menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 21 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 80%. Oleh karena itu pembelajaran peserta didik pada mata pembelajaran SBdP materi kolase di kelas IV SDN 1 Penengahan pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kata kunci: Kreativitas belajar, free Exspession iv ABSTRACT Lack of creativity in class IV students at SDN 1 Penengahan when SBdP learning has not run optimally, based on pre-cycle data of students which can be said to have completed 10 out of 26 students with a percentage of 38% and an average value of 59, this happened due to a lack of creativity of students in making crafts or utilizing materials that can be used as useful items, this is because in learning students rarely practice making craft materials, and there are also some students who lack focus during the learning process, so that what is conveyed by the educator not so maximal. The purpose of this study was to increase the creativity of SBdP learning through the free expression method of Penengahan 1 Elementary School students. This type of research is Classroom Action Research. The researcher used classroom action research which consisted of two cycles. Each cycle has stages of planning, implementation of action, observation and reflection. The subjects in this study were students of class IV at SDN 1 Penengahan. Data collection techniques used observation, tests and documentation, and data analysis techniques used qualitative and quantitative analysis. The results of the creativity of students in SBdP learning with collage material in class IV SDN 1 Penengahan, in cycle I the results of the assessment based on observation of students' work showed that the number of students who achieved completeness was 15 students with a completeness level of 57.6% and the results of the assessment of creativity based on the results of the students' work showed the number of students who achieved completeness was 16 students with a mastery level of 61.5%. In cycle II the results of the assessment based on the observation of students' work showed that the number of students who achieved completeness was 23 students with a completeness level of 88.4% and the results of the assessment of creativity based on the results of students' work showed the number of students who achieved completeness was 21 students with a level completeness 80%. Therefore the learning of students in the SBdP subject of collage material in class IV of SDN 1 Penengahan in cycle II has achieved classical learning mastery. Keywords: Learning creativity, free expression

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:07
Last Modified: 24 Aug 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item