ANALISIS STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI NURUL ULUM TULUNGAGUNGKECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

DESTI, ARYANI (2023) ANALISIS STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI NURUL ULUM TULUNGAGUNGKECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESTI ARYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan di Indonesia merupakan dasar penyesuaian diri dalam proses memberi dan menerima ilmu pengetahuan, dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah pendidik merupakan komponen penting yang menjadi ujung tombak terlaksananya tujuan pendidikan. pendidik harus memenuhi berbagai kualifikasi, baik kepribadian, keterampilan mengajar, penguasaan peminatan pada bidang studi tertentu dan juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan fungsi-fungsinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai analisis strategi crossword puzzle terhadap minat belajar peserta didik kelas III di MI Nurul Ulum Tulung Agung Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dimana dilihat dari tempatnya merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di MI Nurul Ulum Tulung Agung. Dilihat dari sifatnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data digunakan model analisis kualitatif melalui tahapan mengorganisasikan data, mengelompokkan data berdasarkan kategori, tema dan pola jawaban. Adapun dalam pengambilan kesimpulan yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta tersebut ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik telah melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi Crossword Puzzle dengan semaksimal mungkin, akan tetapi karena adanya faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan strategi tersebut, diantaranya yaitu dari segi sarana prasana yang kurang mendukung, jumlah peserta didik yang terlalu banyak, dan pendidik yang kurang menguasai strategi pembelajaran aktif sehingga ada beberapa langkah yang tidak diterapkan oleh pendidik berakibat kepada minat belajar peserta didik yang masih rendah. Hal ini hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang telah dideskripsikan oleh peneliti di setiap pertemuannya. Kata Kunci : Analisis, Strategi Crosswod Puzzle, Minat Belajar. iii ABSTRACT Education in Indonesia is the basis for self-adjustment in the process of giving and receiving knowledge, in the implementation of education in madrasah educators are an important component that spearheads the implementation of educational goals. Educators must meet various qualifications, both personality, teaching skills, mastery of specialization in certain fields of study and also have the ability to develop a curriculum in accordance with its functions. Therefore, this study aims to find out the analysis of crossword puzzle strategies on the learning interests of grade III students at MI Nurul Ulum Tulung Agung, Gadingrejo District, Pringsewu Regency. This type of research is a qualitative research which is seen from its place is a field research located at MI Nurul Ulum Tulung Agung. Judging from the nature of this research, it includes qualitative descriptive research. The data collection tools used are observation, interviews, and documentation. In data analysis, qualitative analysis models are used through the stages of organizing data, grouping data by categories, themes and answer patterns. As for drawing conclusions, namely thoughts that depart from special facts or events and then from these facts, generalizations are drawn that have a general nature. Data are analyzed qualitatively through reduction data techniques, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study show that educators have carried out learning using the Crossword Puzzle strategy as much as possible, but due to factors that hinder the implementation of the strategy, Among them are in terms of infrastructure that is not supportive, the number of students is too large, and educators who do not master active learning strategies so that there are several steps that are not applied by educators resulting in low interest in learning of students. This can be seen from the results of the research that has been described by researchers at each meeting. Keywords: Analysis, Crosswod Puzzle Strategy, Interest to learn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:56
Last Modified: 24 Aug 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29918

Actions (login required)

View Item View Item