ANALISIS SIYASAH TANFIZIYAHTERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 4 PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan)

ALDYAN, DWI PUTRA (2023) ANALISIS SIYASAH TANFIZIYAHTERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 4 PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kekerasan fisik terhadap anak yang terjadi memang sangat memperihatinkan di Kabupaten Lampung Selatan. Anak yang mengalami kekerasan fisik perlu perhatian secara serius, mengingat akibat dari kekerasan fisik dan kekerasan seksual terhadap anak akan menyebabkan anak mengalami trauma yang berkepanjangan. Maka itu pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan mengeluarkan peraturan daerah Nomor 04 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan perlindungan anak. Seharusnya adanya peraturan penyelenggaraan perlindungan anak ini dapat mengurangi tindak kekerasan kepada anak. Namun masih saja ada masyarakat yang melakukan tindak kekerasan kepada anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan judul skripsi ―Analisis Siyāsah Tanfiẓiyah Terhadap Implementasi Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan).‖ Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak sudah efektif? (2) Bagaimana analisis siyāsah tanfiẓiyah terhadap implementasi Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Implementasi Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lampung Selatan belum maksimal. Hal ini terbukti dari terdapat beberapa kendala dalam penyelenggaraan perlindungan anak dari segala tindakan kekerasan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang memadai, kurangnya pengasuhan keluarga yang aman, terlihat adanya anak terlantar, dan kurang memadainya sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan. Implementasi Pasal 4 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Selatan Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak sudah sesuai dengan siyāsah tanfiẓziyah. Hal ini terbukti dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lampung Selatan menunaikan amanat dan menetapkan hukum secara adil. Peraturan ini pun selaras dengan prinsip maqāsid syari‟ah, karena secara Islam sangat memperhatikan seluruh aspek kekerasan terhadap anak yang tentunya memiliki dampak besar bagi anak itu sendiri dan berdampak bagi kemaslahatan umat Islam serta prinsip-prinsip Islam. Kata kunci : Siyāsah Tanfiẓiyah, Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Peraturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:32
Last Modified: 24 Aug 2023 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29914

Actions (login required)

View Item View Item