IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung)

RIKA, OKTALIA (2023) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA OKTALIA...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan anak merupakan segala usaha yang dilakukan untuk menciptakan kondisi setiap anak dapat melaksanakan hak dan kewajibannya demi perkembangan dan pertumbuhan anak secara wajar, baik fisik, mental, dan sosial. Peran melindungi seorang anak bukan hanya terpaku pada orang tua, namun masyarakat dan pemerintah memiliki peran untuk melindungi, menjaga, dan memenuhi hak-hak anak. Sebagaimana salah satu upaya pemerintah untuk melindungi anak dengan membentuk Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu 1).Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Kota Bandar Lampung (Studi di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung) 2). Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Kota Bandar Lampung dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui 1). Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Kota Bandar Lampung (Studi di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung) 2). Implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Kota Bandar Lampung dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni semua data yang telah dipaparkan kemudian dijelaskan secara rinci dan sistematis dalam bentuk kata-kata tertulis. Dari hasil pembahasan dapat kita simpulkan bahwasanya Dinas Sosial Kota Bandar Lampung sudah melaksanakan program tapi belum maksimal untuk anak jalanan sehingga secara tidak langsung iii Dinas Sosial mempunyai peran terhadap perlindungan dan kesejahteraan anak jalanan. Dan dalam perspektif fiqh siyasah Dinas Sosial Kota Bandar Lampung belum menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan ajaran Islam, Sebagaimana ditetapkan dalam syariat Islam bahwa anak jalanan dan pengemis mempunyai hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan mendapatkan keadilan. Kata Kunci: Implementasi, Perlindungan Anak, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:28
Last Modified: 24 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item View Item