MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH USHULUDDIN BELAMBANGAN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN

Anindy, Firdaus (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH USHULUDDIN BELAMBANGAN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANINDY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Meski telah banyak peraturan pemerintah menegenai pentingnya sarana dan prasarana pendidikan diatas, namun masih banyak dijumpai lembaga pendidikan yang kesulitan dalam mengadakan dan memelihara aspek sarana dan prasarana di sekolah ataupun madrasah. Hal ini dikarenakan tidak adanya biaya yang dibuat khusus untuk sarana dan prasarana, sehingga apabila terjadi kerusakan pada barang atau perlengkapan sarana dan prasarana dana sekolah ataupun madrasah akan sangat dibutuhkan untuk proses perbaikan dan pengadaan barang ataupun perlengkapan sarana dan prasarana tersebut. Sedangkan secara teori disebutkan bahwa sarana dan prasarana salah satu penunjang pendidikan berjalan secara optimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengkaji lebih lanjut tentang Proses Manajemen sarana dan prasarana di MTs Ushuluddin Belambangan Penengahan Lampung Selatan. Adapun rumusan yang digunakan oleh penulis sebagai berikut : bagaimana proses perencanaan sarana dan prasarana, bagaiamana proses pengadaan sarana dan prasarana, bagaiamana proses penyimpanan sarana dan prasarana dan proses inventarisasi sarana dan prasarana. Hal ini bertujuan untuk mengetahaui proses dari perencanaan, pengadaan, penyimpanan dan inventarisasi sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif penulis menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut: wawancara terstruktur, yaitu penulis melakukan wawancara dengan menyiapkan instrument terlebih dahulu, penulis melakukan observasi non-partisipan sebagai pengamat independen dan penulis melakukan dokumentasi yakni mencarai data mengenai hak-hal yang berupa catatan atau transkip, buku-buku, notulen rapat dan lainnya, untuk menghimpun data yang belum diperoleh melalui metode sebelumnya. Proses manajemen sarana dan prasarana dimulai dari perencanaan sudah dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku seperti membuat list kebutuhan sarana dan prasarana, dan membuat rencana anggaran belanja (RAB) terkait kebutuhan tersebut, pengadaan sarana dan prasarana juga sudah dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang telah berlaku seperti membuat proposal terkait sarana dan prasrana yang akan diadakan ditujukan kepada pemerintah kabupaten ataupun provinsi melaporkan barang atau perlengkapan yang akan diadakan kepada pimpinan dan melakukan pembelian, penyimpanan juga sudah dilakukan dengan baik dengan menyiapkan ruangan khusus menyimpan barang, dan inventarisasi sudah dilakukan dengan membuat buku inventaris guna mencatat barang inventarisasi madrasah. Kesimpulan yang didapatkan adalah proses manajemen sarana dan prasarana di madrasah ini sudah dilakukan dengan sangat baik sehingga madrasah ini dapat menjadi contoh bagi madrasah lainnya dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini direkomendasikan untuk kepala madrasah, tim sarana dan prasarana di MTs Ushuluddin serta untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan iv ABSTRACT Although there have been many government regulations regarding the importance of educational facilities and infrastructure above, there are still many educational institutions that have difficulty in organizing and maintaining aspects of facilities and infrastructure in schools. This is because there are no costs made specifically for facilities and infrastructure, so that if there is damage to goods or equipment facilities and infrastructure, school or madrasah funds will be needed for the process of repairing and procuring goods or equipment for these facilities and infrastructure. While in theory it is stated that the facilities and infrastructure of one of the educational supports run optimally. Based on this background, the author further examines the Management Process of facilities and infrastructure at MTs Ushuluddin Belambangan Penengahan South Lampung. The formulation used by the author is as follows: how is the process of planning, procurement, storage, and inventory of facilities and infrastructure. It means to know the process of planning, procurement, storage and inventory of facilities and infrastructure. This type of research is qualitative research by the author using the following data collection methods: structured interviews, preparing instruments, observing non-participants as independent observers and documenting data that had not been obtained through previous methods. The process of facilities and infrastructure management starts from planning has been carried out in accordance with applicable terms and conditions such as making a list of facilities and infrastructure needs, and making a budget plan Related to these needs, the procurement of facilities and infrastructure has also been carried out with applicable terms and conditions such as making proposals related to facilities and infrastructure to be held addressed to the district or provincial government Reporting goods or equipment to be held to the leadership and making purchases, storage has also been done well by preparing a special room for storing goods, and inventory has been done by making an inventory book to record madrasah inventory items. The conclusion obtained is that the process of management of facilities and infrastructure in this madrasah has been carried out very well so that this madrasah can be an example for other madrasahs in the management of educational facilities and infrastructure. Keywords : Management of educational facilities and infrastructure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:01
Last Modified: 24 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29909

Actions (login required)

View Item View Item