PEMBINAAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH MATHLAUL ANWAR KABUPATEN TANGGAMUS

Lutfi, Khofifah (2023) PEMBINAAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH MATHLAUL ANWAR KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Lutfi Khofifah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin kerja sangatlah penting untuk diterapkan karena tidak hanya bermanfat bagi madrasah namun bermanfaat juga bagi guru itu sendiri. Akan tetapi faktanya masih terjadi disiplin kerja guru yang kurang maksimal di Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar kabupaten Tanggamus, terkadang masih terdapat guru yang datang dan pulang tidak tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati bersama dan masih terdapat guru yang masuk kelas terlambat sehingga materi pelajaran belum tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mengetahui proses pembinaan disiplin kerja guru di Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar Kabupaten Tanggamus yang berkaitan tentang : pembuatan peraturan, sosialisasi peraturan, pelaksanaan, pengawasan dan pendisiplinan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu sumber data yang dikumpulkan secara langsung dari informan yakni kepala madrasah, waka kurikulum dan pendidik. sedangkan sumber data sekunder yakni data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari madrasah. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa : kepala madrasah dalam proses pembuatan peraturan di Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar membuat peraturan berdasarkan tujuan madrasah, yang dalam hal ini dilakukan secara bersama-sama atau melibatkan setiap guru dalam membuat peraturan atau tata tertib. Dalam kegiatan sosialisasi kepala madrasah melakukannya ketika rapat guru, pelaksanaan upacara, maupun lewat surat edaran yang diberikan. Kemudian dalam kegiatan pelaksanaan, guru telah merealisasikan peraturan yang telah direncanakan sebelumnya dari disiplin kehadiran serta disiplin dalam memakai seragam kerja yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pengawasan, kepala madrasah berkontribusi mengawasi peraturan yang dijalankan untuk mengetahui peraturan tersebut berjalan atau tidak. Adapun bentuk pendisiplinan dari kepala madrasah berupa sanksi hukuman dan pemberian reward. Kata Kunci : Pembinaan, Disiplin Kerja, Guru iii ABSTRACT Work discipline is very important to implement because it is not only beneficial for madrasas but also beneficial for the teachers themselves. However, the fact is that there is still less than optimal teacher work discipline at Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar, Tanggamus district, sometimes there are still teachers who come and go home not on time according to the mutually agreed schedule and there are still teachers who enter class late so that the subject matter has not been fully achieved. optimal. This study aims to obtain information and find out the process of fostering teacher work discipline at Madrasah Aliyah Mathlaul Anwar, Tanggamus Regency which is related to: making regulations, socializing regulations, implementing, supervising regulations and disciplinary. The research method used is descriptive qualitative with the type of field research (field research). Data collection techniques namely observation, interviews and documentation. The data sources in this study used primary data, namely data sources collected directly from informants, namely the head of the madrasah, deputy head of curriculum and educators. while secondary data sources are documentation data and other supporting data obtained from madrasas. Data validity was tested by source triangulation and technique triangulation. Data analysis in this study used data reduction, data presentation and conclusions. The results in this study indicate that: the head of the madrasa in the process of making regulations at Madrasa Aliyah Mathlaul Anwar makes regulations based on the objectives of the madrasa, which in this case are carried out jointly or involve each teacher in making rules or regulations. In the socialization activities the madrasa principal does this during teacher meetings, holding ceremonies, or through circulars given. Then in the implementation activities, the teacher has realized the previously planned rules of attendance discipline and discipline in wearing predetermined work uniforms. For supervisory activities, the head of the madrasa contributes to overseeing the regulations being implemented to find out whether these regulations are running or not. The forms of disciplinary action from the head of the madrasa are in the form of sanctions and giving rewards. Keywords : Coaching, Work Discipline, Teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:36
Last Modified: 24 Aug 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29904

Actions (login required)

View Item View Item