TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 5 TAHUN 2017 TENTANG PENGATURAN HIBURAN UMUM (Studi terhadap Pengaturan Hiburan Orgen Tunggal di Pekon Padang Ratu, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus)

WIDYA, PUSPITA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 5 TAHUN 2017 TENTANG PENGATURAN HIBURAN UMUM (Studi terhadap Pengaturan Hiburan Orgen Tunggal di Pekon Padang Ratu, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB I II V DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIDYA PUSPITA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hiburan umum adalah kegiatan yang biasa digelar dilingkungan masyarakat. Namun sub-fokus pada penelitian ini hiburan umum khususnya orgen tunggal. Titik permasalahan pada skripsi ini yaitu pada draft peraturan daerah bagian ketiga yang berisi larangan pada pasal 7 poin (1) mengenai batas waktu penyelenggaraannya. Karena pada pelaksanaannya tidak sesuai dengan peraturan yang ada dan dilaksanakan hingga malam hari. Pada malam hari orgen tunggal sering disalahgunakan dan berdampak negatif serta menimbulkan keresahan di masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis dapat mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut yaitu (1) Bagaimana Implementasi pada jam operasional orgen tunggal Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 5 tahun 2017 tentang Pengaturan Hiburan Umum? (2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah mengenai Implementasi jam operasional orgen tunggal pada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pengaturan Hiburan Umum di Pekon Padang Ratu Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus? Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Data primer diperoleh langsung dari responden, sedangkan data sekunder berupa teori-teori serta data penunjang lainnya dari kepustakaan. S k r i p s i i n i termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi editing dan coding. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deduktif. Hasil dari penelitian ini diantaranya, yaitu: Pertama, Implementasi pada jam operasional orgen tunggal Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 5 tahun 2017 tentang Pengaturan Hiburan Umum di Pekon Padang Ratu, tidak dapat terlaksana karena masih banyak masyarakat yang melanggar peraturan tersebut. Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa faktor yakni faktor kebiasaan iii dan faktor ekonomi masyarakat setempat sehingga menjadi penghambat. Kedua, Tinjauan Fiqh siyasah mengenai implementasi pada jam operasional orgen tunggal Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pengaturan Hiburan Umum di Pekon Padang Ratu. Bahwasannya, dalam teori siyasah tanfidziyyah yaitu bentuk pelaksanaannya tidak sesuai dengan kaidah fiqh siyasah. Karena dalam pelaksanaannya banyak melanggar norma hukum dan agama. Sehingga tidak sejalan dengan tinjauan fiqh siyasah tanfidziyyah yang harus berdasarkan dengan Al-Qur’an dan Hadits. Kata Kunci : Orgen Tunggal, Jam Operasional, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:58
Last Modified: 23 Aug 2023 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29895

Actions (login required)

View Item View Item