IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN

PITRI, YANI (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI PITRI YANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Minat belajar merupakan suatu kecenderungan yang mengandung perhatian jiwa seorang individu yang timbul karena adanya rasa suka, senang, pengalaman dan ketertarikan seseorang terhadap kegiatan belajar yang ditunjukkan melalui keantusiasan maupun partisipasi dalam belajar. Di SD Negeri 1 Sabah Balau Lampung Selatan Pelajaran IPS dimaknai hanya sebagai transfer ilmu pengetahuan dan informasi sehingga mata pelajaran IPS pun kurang menyenangkan dan membosankan. Hal ini menunjukan bahwa proses pembelajaran yang selama ini terjadi belum mencapai hasil yang memuaskan karena lebih dari sebagian peserta didik masih mendapatkan nilai dibawah KKM. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka guru berusaha menggunakan strategi crossword puzzle. crossword puzzle merupakan kegiatan mengingat, mencari, dan mencocokan kata yang pas dan tidak hanya sesuai dengan jawabanya, tetapi sesuai denga junlah kotak yang dIsediakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) selama dua siklus. dengan Obyek penelitian di Lampung Selatan, tepatnya di SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Sabah Balau Lampung Selatan berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat dan hasil belajar , hal ini terlihat dari siklus satu presentase minat yang diperoleh sebesar 61,57% kemudian naik pada siklus ke dua menjadi 89,28.% sehingga terjadi peningkatan sebesar 27,71 % antara siklus satu ke siklus dua. Kata Kunci: Strategi crossword puzzle, Minat Belajar iii ABSTRACT Interest in learning is a tendency that contains the attention of an individual's soul that arises because of a person's liking, pleasure, experience and interest in learning activities which is shown through enthusiasm and participation in learning. At SD Negeri 1 Sabah Balau, South Lampung, social studies lessons are interpreted only as a transfer of knowledge and information so that social studies subjects are less fun and boring. This shows that the learning process that has been going on so far has not achieved satisfactory results because more than some students still get scores below the KKM. To overcome the problems above, the teacher tries to use strategy crossword puzzles. Crossword puzzles are activities of remembering, searching for, and matching the right word and not only according to the answer, but according to the number of boxes provided. This study uses a type of CAR research (Classroom Action Research) for two cycles. with research objects in South Lampung, to be precise at SDN 1 Sabah Balau, South Lampung. The population in this study were all students of SDN 1 Sabah Balau, South Lampung. While the sample in this study were students of class IV SDN 1 Sabah Balau, South Lampung, totaling 25 students. Based on the results of the research and discussion that has been carried out by the researchers, it can be concluded that there is an increase in interest and learning outcomes, this can be seen from the first cycle, the percentage of interest obtained is 61.57%, then rises in the second cycle to 89.28% so that there is an increase of 27.71% between cycle one to cycle two. Keywords: Crossword puzzle strategy, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:43
Last Modified: 23 Aug 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item