PENERAPAN PEMBELAJARAN POLYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

NURUL, HABIBAH (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN POLYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS..pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of NURUL FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari permasalahan pemecahan masalah peserta didik masih lemah, kecerdasan logis peserta didik yang masih rendah dan pendidik belum menggunakan metode pembelajaran saat belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk ( ) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya, ( ) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan pembelajaran polya, ( ) mengetahui apakah terdapat peningkatan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester genap MTs Al Hikmah Bandar lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas. Pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, dengan taraf signifikansi memperoleh ( ) sehingga ditolak artinya terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya; ( ) sehingga ditolak artinya terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan pembelajaran polya; dan ( ) sehingga ditolak artinya terdapat peningkatan kecerdasan logis matematis dengan menerapkan pembelajaran polya. Kata Kunci: Model Pembelajaran polya, Pemecahan Masalah, dan kecerdasan logis matematis iv ABSTRACT This research departs from the problem of fraction of mathematical problem that are still weak, students‟ mathematical logical intelligence is still low and teachers have not used learning methods when studying. This research aims to ( ) find out whether there is an increase in problem solving abilities and logical mathematical intelligence by applying polya learning, ( ) find out whether is an increase in problem solving skills by applying polya learning, ( ) find out whether there is an increase in mathematical logical intelligence by applying polya learning. The approach used in this research is a quantitative approach with the experimental type Quasy Experiment. The population in this study were all students of grade VIII even semester MTs Al Hikmah Bandar Lampung. The sampling technique in this study was Non Probability Sampling. The sample in this study used classes. Hypothesis testing uses MANOVA analysis, with a significance level of , obtaining ( ) so that H is rejected, it means there is an increase in problem solving skills and logical mathematical intelligence by applying polya learning; ( ) so that H is rejected, it means there is an increase in problem solving abilities by applying polya learning; and ( ) so that H is rejected, meaning that there is an increase in logical mathematical intelligence by applying polya learning. Keywords: Polya Learning, Problem Solving, and Mathematical logical Intelligence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:16
Last Modified: 23 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29892

Actions (login required)

View Item View Item