PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TINGKAT SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Irham, Fajriansyah (2023) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TINGKAT SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of tesis_Irham Fajriansyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TINGKAT SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Irham Fajriansyah Penelitian ini mengkaji mengenai peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada tingkat SMA di kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bandar Lampung, SMAN 9 Bandar Lampung, SMAN 10 Bandar Lampung, SMAS Perintis 2 Bandar Lampung. Dengan menggunakan metode kualitatif, hal ini untuk menjawab empat pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada tingkat SMA di Kota Bandar Lampung, (2) Bagaimana bentuk upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila,(3) Metode apa yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila, (4) faktor apasaja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Sumber data dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar, serta murid sebagai objek yang dibentuk pada Profil Pelajar Pancasila. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan (1) Peranan guru Pendidikan Agama Islam pada tingkat SMA di Kota Bandar Lampung dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila dapat diklasifikasikan sebagai pengajar, role model, motivator, fasilitator, dan pembimbing. (2) Bentuk upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila mencakup seluruh tiap dimensi yang ada pada Profil Pelajar Pancasila, namun secara garis besar dibagi menjadi tiga yaitu melalui pemberian nasihat, pembudayaan/pembiasaan, viii mencontohkan secara langsung. (3) Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstarasi, metode diskusi, metode problem solving, metode pembiasaan, serta metode ketauladanan. (4) Faktor Penghambat dan Pendukung dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila, Faktor Penghambat, yaitu: Kesadaran dari peserta didik untuk berubah menjadi lebih baik masih rendah, tidak ada kepedulian dari orang tua, lingkungan pergaulan yang tidak baik, perkembangan teknologi yang disalahgunakan oleh peserta didik. Faktor Pendukung, yaitu: Kepedulian dari guru, kolaborasi yang baik antara warga sekolah, kepedulian ataupun perhatian dari wali murid, terdapat kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka. Kata Kunci: Peranan Guru, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila. ix ABSTRACT THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN ESTABLISHING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS IN HIGH SCHOOL LEVEL IN THE CITY OF BANDAR LAMPUNG By Irham Fajriansyah This study examines the role of Islamic Religious Education teachers in the formation of Pancasila Student Profiles at the high school level in the city of Bandar Lampung. This research was conducted at SMAN 1 Bandar Lampung, SMAN 9 Bandar Lampung, SMAN 10 Bandar Lampung, SMAS Perintis 2 Bandar Lampung. By using a qualitative method, this is to answer four research questions, namely: (1) What is the role of Islamic Religious Education teachers in Forming Pancasila Student Profiles at the SMA level in Bandar Lampung City, (2) What forms of efforts are made by Islamic Religious Education teachers in the Formation of Pancasila Student Profiles, (3) what methods were used by Islamic Religious Education teachers in the process of forming Pancasila Student Profiles, (4) what factors became obstacles and supports in the formation of Pancasila Student Profiles. The data sources for this study are Islamic Religious Education teachers who have implemented the independent learning curriculum, as well as students as objects formed in the Pancasila Student Profile. Sampling using purposive sampling. Data collection techniques used are: observation, interviews, and documentation. And technical data analysis using the Miles and Huberman models. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded (1) The role of Islamic Religious Education teachers at the high school level in Bandar Lampung City in general has carried out their role well, while the role played by Islamic Religious Education teachers in the formation of Pancasila Student Profiles is: as teacher, role model, motivator, facilitator, and mentor. (2) The form of efforts made by Islamic Religious Education teachers covers all of each x dimension in the Pancasila Student Profile, carried out not only during in-class learning, but also during daily activities outside the classroom. (3) The method used is the lecture method, demonstration method, discussion method, problem solving method, habituation method, and exemplary method. (4) Inhibiting and Supporting Factors in the formation of Pancasila Student Profiles, Inhibiting Factors, namely: Awareness of students to change for the better is still low, there is no concern from parents, social environment is not good, technological developments are misused by students . Supporting Factors, namely: Concern from teachers, good collaboration between school members, concern or attention from student guardians, there are Project activities to Strengthen Pancasila Student Profiles in the independent curriculum. Keywords: Teacher's Role, Islamic Religious Education, Pancasila Student Profile. الملخص دَوْرُ مُعَلِّمِ التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ فِي إِنْشاءِ مِلَفِّ تَعْريفِ طُلّابٍ اَلْبانْكاسيلا عَلَى مُسْتَوَى المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ فِي مَدينَةِ بَنْدَرْ لَامْبُونْجْ بِوَاسِطَةِ ارحز فجرينشه تَبْحَثُ هَذِهِ الدِّراسَةُ فِي دَوْرِ مُعَلِّمِي التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ فِي تَكْوينِ مَلامِحِ طُلّابٍ بانْكاسيلا عَلَى مُسْتَوَى المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ فِي مَدينَةِ بَنْدَرْ لَامْبُونْجْ . تَمَّ إِجْراءُ هَذَا البَحْثِ فِي المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ الحُكوميَّةِ 1 وَ فِي المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ الحُكوميَّةِ 9 وَ فِي المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ الحُكوميَّةِ 10 وَ المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ فَرْنْتِسْ 2 بَنْدَرٍ لمَفْنِعٍ . بِاسْتِخْدَامِ طَريقَةٍ نَوْعيَّةٍ ، هَذَا لِلْإِجَابَةِ عَلَى أَرْبَعَةِ أَسْئِلَةٍ فِي هَذِهِ الدِّراسَةِ ، وَهِيَ : (1) مَا هوَ دَوْرُ مُعَلِّمِي التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ فِي تَكْوينِ مَلامِحِ طُلّابٍ بانْكاسيلا عَلَى مُسْتَوَى وَ المَدْرَسَةِ الثّانَويَّةِ فِي مَدينَةِ بَنْدَرْ لَامْبُونْجْ ، (2) مَاذَا هِيَ أَشْكالُ الجُهودِ اَلَّتِي بَذَلَها مُدَرِّسُو التَّرْبيَةِ والدّينُ الإِسْلاميُّ فِي تَكْوينِ مَلامِحِ طُلّابٍ بانْكاسيلا ، (3) مَا هِيَ الأَساليبُ اَلَّتِي اسْتَخْدَمَهَا مُدَرِّسُو التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ فِي عَمَليَّةِ تَكْوينِ مِلَفّاتِ تَعْريفِ الطُّلّابِ فِي بانْكاسيلا ، (4) مَا هِيَ العَوامِلُ اَلَّتِي أَصْبَحَتْ عَقَباتٍ وَدَعْمٍ فِي تَشْكيلِ مِلَفّاتِ تَعْريفِ طُلّابٍ . مَصادِرُ البَيَانَاتِ لِهَذِهِ الدِّراسَةِ هُمْ مُدَرِّسُو التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ اَلَّذِينَ طَبَقوا مَنْهَجَ التَّعَلُّمِ المُسْتَقِلِّ ، بِالْإِضَافَةِ إِلَى الطُّلّابِ كَأَشْياءَ تَمَّ تَشْكيلُها فِي مِلَفِّ تَعْريفِ الطّالِبِ فِي . الْمُبَادَىءَالَخَمْسَةُ أَخَذَ العَيِّناتِ بِاسْتِخْدَامِ أَخَذِ العَيِّناتِ الهادِفِ . تِقْنيّاتُ جَمْعِ البَيَانَاتِ المُسْتَخْدَمَةِ هِيَ : المُراقَبَةُ وَالمُقَابَلَاتُ وَالتَّوْثِيقُ . وَتَحْليلُ البَيَانَاتِ الفَنّيَّةِ بِاسْتِخْدَامِ نَماذِجِ ملَس وَ حبرمن بِناءً عَلَى نَتائِجِ البَحْثِ اَلَّذِي تَمَّ إِجْرَاؤُهُ ، يُمْكِنُ الِاسْتِنْتاجُ (1) أَنَّ دَوْرَ مُعَلِّمِي التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ فِي المَرْحَلَةِ الثّانَويَّةِ فِي مَدينَةِ بَنْدَرْ لَامْبُونَجْ بِشَكْلٍ عامٍّ قَدْ قَامُوا بِدَوْرِهِمْ بِشَكْلٍ جَيِّدٍ ، فِي حِينِ أَنَّ الدَّوْرَ اَلَّذِي لَعِبَهُ الإِسْلَامِيُّونَ . مُدَرِّسُو التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ فِي تَشْكيلِ مِلَفّاتِ تَعْريفِ الطُّلّابِ فِي الْمُبَادَىءَالِخَمْسَةِ هُمْ : كَمَعْلِّمٍ ، وَقُدْوَةٍ يُحْتَذَى بِهَا ، وَمُحَفِّزٌ ، وَمَيْسِرٌ ، وَمُشَرِّفٌ . (2) يُغَطّي شَكْلَ الجُهودِ اَلَّتِي يَبْذُلُهَا مُدَرِّسُو التَّرْبيَةِ الدّينيَّةِ الإِسْلاميَّةِ جَميعُ الأَبْعادِ فِي مِلَفِّ تَعْريفِ الطّالِبِ فِي اَلْمُبَادَىءَالْخَمْسَةِ ، وَالَّتِي يَتِمُّ تَنْفيذُها لَيْسَ فَقَطْ أَثْناءَ التَّعَلُّمِ داخِلَ الفَصْلِ ، وَلَكِنْ أَيْضًا أَثْناءَ الأَنْشِطَةِ اليَوْميَّةِ خارِجَ الفَصْلِ الدِّراسيِّ . (3) اَلطَّريقَةُ اَلْمُسْتَخْدَمَةُ هِيَ طَريقَةُ المُحاضَرَةِ ، طَريقَةُ العَرْضِ ، طَريقَةُ المُناقَشَةِ ، طَريقَةُ حَلِّ المُشْكِلَاتِ ، طَريقَةُ التَّعَوُّدِ ، والطَّريقَةُ النَّموذَجيَّةُ . (4) عَوامِلُ تَثْبيطٍ وَداعِمَةٌ فِي تَكْوينِ مِلَفّاتِ تَعْريفِ الطُّلّابِ فِي الْمُبَادَىءَالِخَمْسَةِ ، والْعَوامِلِ اَلْمُثَبَّطَةِ ، وَهِيَ : لَا يَزَالُ وَعْيُ الطُّلّابِ بِالتَّغْيِيرِ نَحْوَ الأَفْضَلِ مُنْخَفِضًا ، وَلَا يوجَدُ قَلَقٌ مِنْ أَوْلياءِ الأُمورِ ، والْبيئَةُ الِاجْتِماعيَّةُ لَيْسَتْ جَيِّدَةً ، وَالتَّطَوُّرَاتُ التِّكْنولوجيَّةُ يُسَاءُ اسْتِخْدامُها مِنْ قِبَلِ الطُّلّابِ . العَوامِلُ الدّاعِمَةُ ، وَهِيَ : القَلَقُ مِنْ المُعَلِّمِينَ ، والتَّعاوُنُ الجَيِّدِ بَيْنَ أَعْضاءِ المَدْرَسَةِ ، والْقَلَقِ أَوْ الِاهْتِمامِ مِنْ اَلْأَوْصِياءِ عَلَى الطُّلّابِ ، هُنَاكَ أَنْشِطَةٌ مَشْروعٍ لِتَقْوِيَةِ مِلَفّاتِ تَعْريفِ الطُّلّابِ فِي اَلْمُبَادَىءَالَخَمْسَةِ فِي المَناهِجِ الدِّراسيَّةِ المُسْتَقِلَّةِ الكَلِماتُ المِفْتاحيَّةُ : دَوْرُ المُعَلِّمِ ، التَّرْبيَةُ الدّينيَّةُ الإِسْلاميَّةُ ، مِلَفُّ الطّالِبِ فِي الْمُبَادَىءَالِخَمْسَةِ

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:38
Last Modified: 23 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29889

Actions (login required)

View Item View Item