UPAYA KARANG TARUNA MERAH PUTIH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA JAMUR JANGGEL DI DESA TAMAN CARI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Tessi, Andika (2023) UPAYA KARANG TARUNA MERAH PUTIH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA JAMUR JANGGEL DI DESA TAMAN CARI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TESSI ANDIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan potensi lokal merupakan salah satu langkah selanjutnya dalam keswadayaan masyarakat yang memanfaatkan potensi dan sumber daya lokal. Potensi tersebut meliputi semua potensi yang ada seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya sosial. salah satu bentuk optimalisasi pemanfaatan potensi lokal dalam memberdayakan ekonomi masyarakat adalah melalui pemanfaatan potensi sumber daya manusia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bonggol jagung oleh Karang Taruna Merah Putih di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung timur, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Observasi, metode interview, dan dokumentasi. Kata Kunci : Bonggol Jagung, Karang Taruna Merah Putih Berdasarkan rumusan masalah maka dapat disimpulkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bongol jagung oleh karang taruna merah putih ini melalui 3 tahapan yaitu: Penyuluhan, Pelatihan dan Pendampingan. Pada tahap awal yaitu tahap penyadaran dimana masyarakat diberikan wawasan pengetahuan, kemampuan dan perubahan pola pikir mengenai manfaatnya bonggol jagung yang bisa dijadikan sebagai media tanam jamur janggel. Pada tahap transformasi kemampuan, pada tahap ini karang taruna merah putih memberikan pelatihan-pelatihan mengenai cara pembuatan media tanam untuk jamur janggel melalui bonggol jagung. Pada tahap pendampingan, pada tahap ini karang taruna merah putih yang dimana masyarakat diberikan kesempatan untuk menggunakan pengetahuannya dan kemampuannya dalam mengembangkan diri mereka sendiri sehingga menjadi lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:19
Last Modified: 23 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item View Item