PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs N 1 MESUJI LAMPUNG

Siti, Nurlutfiana (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs N 1 MESUJI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI NURLUTFIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan bagaimana siswa berkembang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru yang menjadi mediator dalam mengembangkan keaktifan peserta didik dikelas menjadi kunci utama dalam meningkatkan pemahaman materi pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik adalah model pembelajaran yang diberikan guru masih bersifat konvensional hal ini yang harus diperbaiki untuk pendidikan saat ini. Peneliti menemukan masalah di MTs N 1 Mesuji bahwa peserta didik disekolah tersebut masih memiliki hasil belajar yang kurang dalam mata pelajaran FIQIH maka Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan solusi untuk mengubah pembelajaran yang diterapkan sekarang. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Rumusan masalah pada penelitian ini Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Negeri 1 Mesuji Lampung. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Mesuji Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian adalah kuantitatif metode penelitian Quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol menggunakan metode Konvensional. Desain penelitiannya adalah quasi eksperimen design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda yang sesuai dengan indikator dan lembar dokumentasi dan daftar dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan Metode Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode Konvensional. Hal ini terlihat pada hasil nilai rata-rata kelas Ekperimen 86.61 dan kelas Kontrol 75.54. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar dapat dilihat bahwa diperoleh Thitung = 6.523 > Ttabel = 2.005 dan nilai sig (2-tailed) = 0.000. Karena sig.(2-tailed) < α yaitu 0.000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Fiqih dengan menggunakan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar, Fiqih. iii ABSTRACT Education is a conscious effort to realize how students develop actively in participating in learning. Teachers who become mediators in developing student activity in class are the main key in increasing understanding of learning material. One of the factors that affect the level of understanding of students is that the learning model provided by the teacher is still conventional, this must be improved for current education. The researcher found a problem at MTs N 1 Mesuji that students at the school still had poor learning outcomes in FIQIH subjects, so the Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model could be used as a solution to change the learning that is being implemented now. The Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model is a type of cooperative learning designed to influence student interaction patterns and as an alternative to the traditional class structure. The formulation of the problem in this study is whether there is an effect of applying the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model on student learning outcomes in Class VIII Fiqh subjects at MTs Negeri 1 Mesuji Lampung. This study aims to analyze the effect of applying the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model to the learning outcomes of Grade VIII students at MTs Negeri 1 Mesuji Lampung. This type of research is a quantitative research using a Quasi-experimental research method involving two classes, namely the experimental class using the Numbered Heads Together (NHT) learning model and the control class using the Conventional method. The research design is a quasi�experimental design. The sampling technique was carried out by using random sampling technique. Data collection techniques using observation, learning achievement tests, and documentation. The research instrument uses multiple choice tests in accordance with indicators and documentation sheets and documentation lists. Analysis prerequisite test using normality and homogeneity tests. The data analysis technique used is the t-test. Based on the results of research that has been done, the average value of learning outcomes using the Numbered Heads Together (NHT) method is higher than using the conventional method. This can be seen in the results of the average value of the Experiment class 86.61 and the Control class 75.54. Based on the results of the learning outcomes hypothesis test, it can be seen that Tcount = 6.523 > Ttable = 2.005 and sig (2-tailed) = 0.000. Because sig.(2-tailed) < α, namely 0.000 < 0.05, thus H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore it can be concluded that the learning outcomes of Fiqh using the Numbered Head Together (NHT) Cooperative Model are higher than the learning outcomes using conventional models. Keywords: Learning model, cooperative, Numbered Heads Together (NHT), learning outcomes, Fiqh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:33
Last Modified: 23 Aug 2023 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item