PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEO SCRIBE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERIREPRODUKSI PADA MANUSIA KELAS IX SEMESTER I DI Mts DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

M. BENI, ISKANDAR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEO SCRIBE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERIREPRODUKSI PADA MANUSIA KELAS IX SEMESTER I DI Mts DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of M. beni iskandar Skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEO SCRIBE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI REPRODUKSI PADA MANUSIA KELAS IX SEMESTER IDI Mts DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG Oleh : M. Beni Iskandar Media pembelajaran dipandang menjadi sarana yang tepat dalam penyampaian isi dan maksud pada materi pembelajaran, sehingga penyampaian nya dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan hasil belajar kepada peserta didik. Media video yang inovatif dengan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe mendorong peserta didik untuk belajar dan berdampak pada hasil belajar yang maksimal, penggunaan pendekatan pembelajaran pula membantu peserta didik untuk memahami isi materi yang diberikan salah satunya dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Biologi menggunakan software SparkolVidioscibe pada pokok bahasan Reproduksi Pada Manusia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Model penelitian dari ADDIE, yang memiliki lima langkah penelitian dan pengembangan, yaitu analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Berdasrkan hasil validasi oleh tim validator yang terdiri atas 2 ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,145 dengan kriteria “valid/layak”, 2 ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,23 dengan kriteria “valid/layak”, dan 2 ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata 3,633 dengan kriteria “valid/layak”. Kemudian hasil uji kemenarikan produk yang diujikan pada peserta didik Mts Darul Huda Bandar Lampung mata pelajaran IPA materi reproduksi pada manusia yang di kelompokkan dalam dua kelas yaitu kelas kecil yang terdiri atas 17 peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3,45 dengan dengan kriteria “sangat menarik”, dan kelas besar yangterdiri atas 30 peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,34 dengan kriteria “sangat menarik”. Kata kunci : media pembelajaran, sparkol videoscribe, CTL, hasil belajar. iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF SPARKOL VIDEO SCRIBE LEARNING MEDIA USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH TO IMPROVE STUDENT LEARNING RESULTS IN HUMAN REPRODUCTION MATERIALS IN CLASS IX SEMESTER IDI Mts DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG By : M. Beni Iskandar Learning media is seen as an appropriate means of conveying content and intent in learning material, so that its delivery can increase creativity, innovation, and learning outcomes for students. Innovative video media using the sparkol videoscribe application encourages students to learn and has an impact on maximum learning outcomes, the use of a learning approach also helps students to understand the content of the material provided, one of which is by using the Contextual Teaching And Learning (CTL) approach. The purpose of this research is to develop Biology learning media using Sparkol Vidioscibe software on the subject of Reproduction in Humans. This type of research is Research and Development (R&D). The research model from ADDIE, which has five research and development steps, namely analysis (Analysis), planning (Design), development (Development), implementation (Implementation), and evaluation (Evaluation). Based on the results of the validation by the validator team consisting of 2 material experts, they received an average score of 3.145 with the criteria of "valid/decent", 2 media experts got an average score of 3.23 with the criteria of "valid/decent", and 2 linguists got an average score of 3.633 with the criteria of "valid/decent". Then the results of the product attractiveness test were tested on Mts Darul Huda Bandar Lampung students in the science subject on reproduction in humans which were grouped into two classes, namely a small class consisting of 17 students obtained an average value of 3.45 with the criteria of "very interesting", and a large class consisting of 30 students obtained an average result of 3.34 with the criteria of "very interesting". Keywords: learning media, sparkol videoscribe, CTL, learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:10
Last Modified: 22 Aug 2023 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29878

Actions (login required)

View Item View Item