TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN KALI DENGAN SISTEM KILOAN SECARA TAKSIRAN (Studi di Desa Karang Pucung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan)

Rizki, Maulana Saputra (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN KALI DENGAN SISTEM KILOAN SECARA TAKSIRAN (Studi di Desa Karang Pucung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISKI MAULANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

BSTRAK Jual beli ikan kali dengan sistem kiloan secara taksiran di Desa Karang Pucung dilakukan oleh sebagian warga yang biasanya menjual hasil tangkapan ikannya yang mereka dapatkan dari sungai Desa Karang Pucung dan menjual hasil tangkapanya ke sekitar warga desa tersebut. Transaksi jual beli ini sudah lama terjadi sejak dulu. Misalnya seseorang membeli ikan di pasar dengan harga 25.000/kg maka sesuai dengan timbanganya pembeli mendapatkan 1kg ikan. Namun dalam praktik jual beli ikan kali dengan sistem kiloan secara taksiran ini, pada praktiknya penjual mengikatkan ikan kedalam sebuah tali misalnya dalam 1 ikatan terdapat 5 ekor ikan yang mereka anggap bahwa 5 ekor ikan tersebut sudah mencapai berat 1kg kemudian mereka jual ke warga setempat dengan cara tidak ditimbang terlebih dahulu akan tetapi dengan menggunakan perkiraan per ekor dan dalam penentuan harganya mereka jual sesuai dengan harga pasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana sistem takaran jual beli ikan kali dengan sistem kiloan secara taksiran? Dan Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli ikan kali dengan sistem kiloan secara taksiran? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem takaran jual beli ikan kali dengan sistem kiloan secara taksiran di Desa Karang Pucung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap jual beli ikan kali dengan sistem kiloan secara taksiran. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode field research Tepatnya penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara menggali data yang bersumber dilokasi penelitian. Dalam hal ini penelitian dilaksanakan dengan cara langsung ke lokasi penelitian yaitu di Desa Karang Pucung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu menggunakan metode observasi dan sumber data yang didapat dari data primer yang merupakan hasil wawancara dan dokumentasi dan data sekunder didapat dari dokumen-dokumen profil Desa Karang Pucung,buku-buku,jurnal penelitian dan skripsi terdahulu yang relevan dengan judul yang penulis teliti. Metode pengolahan data iii melakukan teknik . Setelah data terkumpul maka data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan berpikir menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penyelesaian masalah dalam judul ini terjadi karena adanya hukum adat dan kebiasaan sejak dulu dari masyarakat di Desa Karang Pucung melakukan jual beli ikan dengan sistem kiloan secara taksiran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sudah menjadi kebiasaan dan bukan menjadi suatu masalah dikarenakan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Karang Pucung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:56
Last Modified: 22 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item View Item