POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS PADA ORANG TUA PESERTA PROGRAM ACARA HAFIZ INDONESIA DI RCTI)

Windi, Eliyanti (2023) POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS PADA ORANG TUA PESERTA PROGRAM ACARA HAFIZ INDONESIA DI RCTI). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of WINDI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola komunikasi antarpribadi orang tua peserta acara Hafiz Indonesia kepada anak dalam menghafal Al-Qur’an. Dalam studi komunikasi, yang dimaksud dengan pola komunikasi antarpribadi yaitu bentuk atau pola komunikasi yang digunakan dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud mudah dipahami. Pola komunikasi antarpribadi ada tiga yaitu, pola komunikasi linier, pola komunikasi interaksional dan pola komunikasi transaksional. Dalam penelitian ini juga menggunakan teori psikologi komunikasi behaviorisme menurut Skinner, yang mana menjelaskan bahwa hubungan antara stimulus dengan respon yang ditunjukan individu terjadi melalui interaksi dengan lingkungan. Teori ini menekankan bahwa tingkah laku yang ditunjukkan seseorang merupakan akibat dari interaksi antara stimulus dengan respon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif analisis dan jenis penelitian lapangan (Field Research), serta teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Dimana, sampel dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan. Sumber data yang diperoleh yaitu dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer dihasilkan dari orang tua peserta Hafiz Indonesia dengan kriteria anak yang dibina langsung oleh orang tuanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan metode Analysis Interactive dari Miles dan Huberman yang membagi kegiatan analisis menjadi beberapa bagian yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua dan anak dalam menghafal Al-Qur’an yaitu pola komunikasi linier, pola komunikasi interaksional dan pola komunikasi transaksional, serta penerapan teori belajar behavioristik orang tua dan anak dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan metode penguatan, motivasi, stimulus dan latihan, hal ini merupakan wujud dari teori behaviorisme yang memandang bahwa belajar merupakan iv perubahan tingkah laku sebagai adanya interaksi antara stimulus dan respon. Kata kunci : Pola komunikasi antarpribadi, orang tua dan anak, menghafal Al-Qur’an, Program acara Hafiz Indonesia 2022

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:25
Last Modified: 22 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29874

Actions (login required)

View Item View Item