IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN 1 PENGAJARAN TELUK BETUNG UTARA

Ayu, Resti Chairani (2023) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SDN 1 PENGAJARAN TELUK BETUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU RESTI CHAIRANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari kurang diimplementasikannya nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Seperti yang penulis lihat di sekolah tersebut bahwa masih ada peserta didik melakukan sholat dzuhur berjamaah walaupun beberapa peserta didik masih ada yang tidak ikut sholat dan masih ada yang bercanda, peserta didik berdo’a sebelum dan sesudah belajar, peserta didik memberi salam kepada pendidik, peserta didik murojaah bersama sebelum memulai pembelajaran, peserta didik berperilaku sopan dengan pendidik, peserta didik bertanya tentang materi yang belum dipahami, peserta didik tidak mencontek, peserta didik saling membantu dan saling menghargai, peserta didik berpakaian rapi, mengumpulkan tugas dan menjaga kebersihan kelas. Sebagian besar pernyataan diatas sudah diterapakan oleh peserta didik. Hanya beberapa peserta didik yang masih tidak berpakaian rapi, kurang sopan, membedakan teman, dan tidak piket kelas. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai Pendidikan karakter religius dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 1 Pengajaran, Teluk Betung Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berperan di SDN 01 Pengajaran Teluk Betung Utara. Sampel dalam penelitian ini yaitu, wali kelas 5, dan peserta didik dikelas 5 di SDN 1 Pengajaran Teluk Betung Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter religius dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 05:12
Last Modified: 22 Aug 2023 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29869

Actions (login required)

View Item View Item