ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT INSAN TAQWA NATAR LAMPUNG SELATAN

Edo, Pramana Putra (2023) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT INSAN TAQWA NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SDIT Insan Taqwa Lampung yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar dalam satuan pendidikan. Dimana kurikulum merdeka belajar ini merupakan rekontruksi system pendidikan dalam rangka menyongsong perubahan dan kemajuan bangsa yang dapat menyesuaikan dengan perubahan zaman. Dengan cara mengembalikan hakekat dari pendidikan yang sebenarnya yaitu pendidikan untuk memanusiakan manusia atau pendidikan yang membebaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di kelas IV SDIT Insan Taqwa Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dam triangulasi sumber. Hasil dari penelitian adalah saat pelaksanaan proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka merdeke belajar sudah dilaksanakan dengan baik dari semua komponen yang ada. Pada tiap-tiap komponen pendidik telah melaksanakannya dengan baik sehingga peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan tertib. Baik itu komponen pada aspek komitmen pada tujuan, aspek kemandirian dan juga refleksi. Dengan diterapkannya kurikulum merdeka belajar diharapkan peserta didik dapat belajar sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, menjadikan peserta didik lebih mandiri dan mampu melihat keterapaian belajar melalui kegiatan refleksi di kelas. Sehingga peserta didik tidak lagi dituntut dengan padatnya materi yang harus selesai dan dipahami. iv ABSTRACT Research this background by SDIT Insan Taqwa Lampung that has been apply curriculum independent learn deep unit education . Where curriculum independent learn this is reconstruction of the education system deep framework welcome change and progress nation that can adjust with change era _ With manner restore essence from real education _ that is education for humanize human or liberating education . _ Research this aims for find out how implementation curriculum independent studying in class IV SDIT Insan Taqwa Lampung. Type research this using method descriptive qualitative with using technique observational data collection , interviews and documentation . Data were analyzed through steps data reduction , data presentation and withdrawal conclusion . Technique examination data validity is done with triangulation triangulation dam technique source Results from research is moment implementation of the learning process with curriculum independent independent learn already implemented with ok from all existing components . _ At every time component educator already implement it with ok until participants educated can follow the learning process with orderly _ Good that component on aspects commitment on purpose , aspect independence and too reflection With apply it curriculum independent learn expected participants educated can learn according to with level ability participants educate , make participants educated more independent and afford see appeasement learn through activity reflection in class . Until participants educated no again demanded with solid necessary material _ done and understood . Kata kunci: Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 22 Aug 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item