PEMBERDAYAAN TANAH WAKAF DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Dusun IX Umbul Sari Desa Muncak Kabau Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Radja Kabupaten Oku Timur)

BOBY, SAPUTRA (2023) PEMBERDAYAAN TANAH WAKAF DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Dusun IX Umbul Sari Desa Muncak Kabau Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Radja Kabupaten Oku Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu lembaga ekonomi syariah yang sangat berperan dalam pemberdayaan ekonomi umat adalah wakaf. Wakaf memiliki beberapa macam menurut wujudnya seperti wakaf uang, wakaf barang, dan wakaf tanah dan ini menjadi wadah atau tempat bagi manusia mendapatkan pahala dan manfaat yang begitu besar untuk manusia. Wakaf telah memerankan peran yang penting dalam pengembangan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat. Jadi dapat disimpulkan Wakaf adalah potensi sumber dana umat yang perlu dikembangkan, didayagunakan, dan dikelola secara profesional untuk memperoleh hasil manfaat secara optimal dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan umat. Hal-hal yang sangat menonjol dari wakaf adalah perannya dalam pembangunan sarana prasarana ibadah dan pendidikan. Dalam memberdayakan tanah wakaf memerlukan pengelolaan yang tepat untuk dilakukan kemaslahatan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah untuk memberdayakan tanah wakaf. Meskipun wakaf telah memainkan peran yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat muslim sepanjang sejarah perkembangan islam, namun dalam kenyataannya, persoalan perwakafan belum dikelola secara baik sebagaimana tujuan para wakif itu sendiri, khususnya di Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan tanah wakaf serta tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap pemberdayaan tanah wakaf di Dusun iv IX Umbul Sari Desa Muncak Kabau Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Radja Kabupaten Oku Timur. Berdasarkan hasil peneliti, menunjukkan bahwa dalam pemberdayaan tanah wakaf produktif di Dusun IX Umbul Sari Desa Muncak Kabau ini masih minim akan tetapi pelaksanakan wakaf yang dilakukan nazir telah sesuai dengan tuntunan syari’ah yang berlaku tentang perwakafan, Hal ini dapat dilihat dari adanya tanh wakaf produktif karena tanah tersebut telah dijadikan dan diperuntukan sebagai ladang amal bagi si pemberi wakaf (waqif) sebagai wujud rasa kecintaannya kepada Allah SWT demi mendatangkan manfaat untuk kemaslahatan ummat dan kesejahteraan umum. Bentuk pemberdayaan tanah wakaf di Dusun IX Umbul Sari Desa Muncak Kabau terdiri atas Masjid Al-Mutaqin dan TPA dan Dilihat dari perspektif dari pemberdayaan hukum ekonomi syariah dari prinsip kemaslahatan, kebolehan, kerelaan, dan keadilan, sudah jelas bahwa wakaf diperuntukan dan dimanfaatkan guna kesejahteraan umum yang mana setiap orang berhak memanfaatkannya demi kepentingan ummat dan menjalankan kepentingan wakaf sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci : pemberdayaanm, Tanah Wakaf, Hukum Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:06
Last Modified: 22 Aug 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item