PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI BARANG RUSAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Kasus di Toko Lestari.Baradatu,Way.Kanan)

MAULANA, ANGGA WICAKSANA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI BARANG RUSAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Kasus di Toko Lestari.Baradatu,Way.Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRPSI MAULANA ANGGA WICAKSANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pesatnya perkembangan ekonomi dunia saat ini terjadi disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia. Wujud dari perkembangan yang terjadi pada bidang ekonomi maupun perdagangan ditandai dengan berbagai produk yang dipasarkan secara bebas, baik produk dalam negeri maupun luar negeri. Kemajuan ekonomi telah memacu tumbuhnya sektor produksi dan perdagangan yang dalam kenyataan secara tidak langsung menciptakan kekuatan posisi pelaku usaha di satu sisi, dan dapat menempatkan konsumen pada sisi lemah. Menurut UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen pasal 1 ayat (2), Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Permasalahan yang diangkat pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen jual beli barang rusak di Toko Lestari sesuai dengan Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif? 2) Bagaimana bentuk tanggung jawab atau bentuk perlindungan konsumen terhadap jual beli barang rusak di Toko Lestari? Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian field research atau penelitian lapangan. Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi digunakan pendekatan normatif yakni penyelesaian masalah dianalisa dengan menggunakan hukum islam serta hukum positif. Sedangakan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dan wawancara yang dilakukan kepada pemilik toko lestari, pegawai toko lestari serta pembeli di toko lestari tersebut. Adapun tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1) Mengetahui status hukum terhadap perlindungan hukum Konsumen jual beli barang rusak di Toko Lestari. 2) Mengetahui pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif pada perlindungan hukum terhadap konsumen jual beli barang rusak di Toko Lestari. Berdasarkan penelitian penulis, perlindungan pembeli terhadap jual beli barang rusak di toko Lestari Way Kanan, Baradatu, dapat penulis simpulkan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen jual beli barang rusak di Toko Lestari sudah sesuai dengan perspektif hukum Islam dan hukum positif. Hal ini dapat dilihat dari adanya penyelesaian sengketa yang sudah sesuai dengan hukum Islam dan hukum positif. Bentuk Tanggung Jawab Atau Bentuk Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Barang Rusak di Toko Lestari sudah sesuai dengan hukum Islam dan hukum positif. Bentuk perlindungan konsumen yang dilakukan dengan cara : a) Bentuk ganti rugi dengan cara kekeluargaan. b) Bentuk ganti rugi dengan cara pengantian barang. Pemberian ganti rugi tersebut dilaksanakan dalam tenggang waktu maksimal 3*24 jam setelah tenggang transaksi, dan pemberian ganti rugi tidak menghapuskan kemungkinan adanya unsur pidana berdasarkan pembuktian lebih lanjut mengenai adanya unsur kesalahan, namun ketentuan tersebut tidak berlaku apabila pihak Toko dapat membuktikan bahwa kesalahan tersebut merupakan kesalahan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:53
Last Modified: 22 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29857

Actions (login required)

View Item View Item