ASESMEN SEKOLAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN RATING TOOLS SEKOLAH HIJAU KATEGORI EKE (EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI)

ALFI, CHOIRUL MULTAZAM (2023) ASESMEN SEKOLAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN RATING TOOLS SEKOLAH HIJAU KATEGORI EKE (EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFI CHOIRUL MULTAZAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Energi memainkan peran sentral dalam berbagai aspek kehidupan manusia. penting bagi kita untuk mengelola sumber daya energi secara bijaksana dan berkelanjutan agar dapat memanfaatkan potensi energi secara efisien dan memastikan ketersediaannya bagi generasi mendatang. Green Building Council Indonesia (GBCI) memiliki kriteria bangunan hijau, salah satu aspek penilaiannya adalah Efisiensi dan Konservasi Energi (EKE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung nilai tolak ukur bangunan hijau dan mengembangkan bangunan sekolah untuk mencapai nilai yang lebih tinggi pada aspek EKE. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari s.d. Maret 2023 di empat sekolah di Bandar Lampung yang masuk ke dalam kategori sekolah hijau. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan kuesioner dan wawancara sebagai instrument pengumpulan data. Analisis penilaian merujuk kepada Rating Tools Sekolah Hijau Kategori EKE (Efisiensi dan Konservasi Energi) berdasarkan Greenship Existing Building Version 1.1 (GEBV 1.1). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa SMKN 4 Bandar Lampung, SMAN 9 Bandar Lampung, MAN 1 Bandar Lampung, dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, masih tergolong baik dari segi efisiensi dan konservasi energi berdasarkan Rating Tools yang telah dilaksanakan dengan nilai sebagai berikut: SMAN 9 Bandar Lampung meraih peringkat pertama dengan total point 32 Predikat Gold, SMKN 4 Bandar Lampung meraih peringkat kedua sebagai sekolah hijau dengan total point 26 Predikat Silver. MAN 1 Bandar Lampung meraih peringkat ketiga dengan total point 24 Predikat Silver, dan SMA Al-kautsar meraih perigkat ke empat dengan total point 22 Predikat Silver. Kata Kunci : Peningkatan efisiensi dan konservasi energi, Sekolah Hijau, Green Building

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:52
Last Modified: 22 Aug 2023 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29856

Actions (login required)

View Item View Item