PENGARUH JUMLAH SIMPANAN WADI’AH DAN DANA SYIRKAH TEMPORER TERHADAP PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK MEGA SYARIAH PERIODE 2017-2020

FADLY, DARLIUSMAN (2023) PENGARUH JUMLAH SIMPANAN WADI’AH DAN DANA SYIRKAH TEMPORER TERHADAP PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BANK MEGA SYARIAH PERIODE 2017-2020. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS  PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FADLY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah mengalami perkembangan yang cukup baik setelah disetujuinya Undang-Undang No. 10 Tahun 1998. Undang-undang tersebut diatur dengan rinci landasan hukum serta jenis-jenis usaha yang dapat dioperasikan dan diimplementasikan oleh bank syariah. Sehingga berdampak pada perkembangan kuantitas perbankan syariah di Indonesia dari tahun 2009 sampai tahun 2015 yang mengalami perkembangan sangat pesat. Menurut ketentuan Bank Indonesia, tingkat rasio keuangan yang normal dibawah 94%.semakin rendah tingkat rasio maka semakin efesien bank tersebut dalam mengelola biaya operasionalnya sehingga semakin tinggi tingkat keuntungannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah jumlah simpanan wadi’ah berpengaruh terhadap pembiayaan musyarakah dan apakah dana syirkah temporer berpengaruh terhadap pembiayaan musyarakah pada Bank Mega Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah simpanan wadiah terhadap pembiayaan musyarakah dan untuk mengetahui dana syirkah berpegaruh tehadap pembiaya musyarakah pada Bank Mega Syariah periode 2017-2020. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.Analisis regresi linier berganda adalah sebuah teknik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dari satu atau variabel bebas (independen) dan variabel terikat. Sebelum melakukan analisis regresi, untuk mendapat nilai yang baik maka penulis melakukan pengujian instrumen pengumpulan data yang digunakan. Hasil dan kesimpulan penelitian ini dengan menggunakan analisis statistik, maka dapat diambil kesimpulan pengaruh jumlah Simpanan Wadi’ah dan Dana Syirkah Temporer terhadap Pembiayaan Musyarakah di PT. Bank Mega Syariah pada Tahun 2017-2020, sebagai berikut, besarnya pengaruh jumlah simpanan wadi’ah dari pembiayaan musyarakah dilihat dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 28,6% yang menunjukkan bahwa jumlah simpanan wadi’ah memberikan kontribusi terhadap pembiayaan musyarakah sebagian kecil saja sementara sebagian besarnya diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini besarnya pengaruh dana syirkah temporer terhadap pembiayaan musyarakah dilihat dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 18,7%yang menunjukan bahwa dana syirkah temporer memberikan kontribusi terhadap pembiayaan musyarakah sebagian kecil saja sementara sebagian besarnya diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kunci : Simpanan Wadiah, Dana Syirkah Temporer, Pembiayaan Msyarakah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:45
Last Modified: 22 Aug 2023 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29854

Actions (login required)

View Item View Item