TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 4 TAHUN 2019 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi pada Puskesmas Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat)

Triana, Eka Futri (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT NOMOR 4 TAHUN 2019 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi pada Puskesmas Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi cetak triana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kawasan Tanpa Rokok dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok terdapat pada Pasal 4 yaitu fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lainnya yang ditetapkan. Berdasarkan pemaparan fasilitas tersebut terdapat salah satu fasilitas yang paling banyak terdapat tentang Kawasan Tanpa Rokok yaitu fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Lemong. Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Puskesmas Kecamatan Lemong dan Bagaimana Analisis Fiqh Siyasah terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 04 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Puskesmas Kecamatan Lemong. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode menghasilkan data deskriptif.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan dilakukan dengan mengkaji data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Puskesmas Kecamatan Lemong dalam menerapkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok dilakukan dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi, pemberian sanksi kepada yang melanggar baik berupa teguran atau denda sesuai dengan Perda atau pemberian bimbingan dan penyuluhan serta penyebarluasan data dan/atau informasi dampak rokok bagi kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kecamatan Lemong sebagai unsur pelaksana dari pemerintahan Kabupaten dan dalam kaitannya dengan fiqh siyasah bahwa implementasi sudah sesuai dengan fiqh siyasah dimana penetapan suatu kebijakan dapat diterima dengan syariah Islam karena yang iii dilakukan pemerintah daerah dalam rangka menetapkan Kawasan Tanpa Rokok adalah upaya agar masyarakat mendapatkan manfaat yang lebih baik di dalamnya. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Implementasi, Kawasan Tanpa Rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:32
Last Modified: 22 Aug 2023 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item