TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGALIHAN PEMESANAN MAKANAN MELALUI GOFOOD (Studi pada Driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung)

RISA, RAMADINI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGALIHAN PEMESANAN MAKANAN MELALUI GOFOOD (Studi pada Driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISA RAMADINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pengalihan pemesanan makanan melalui Gofood yang dilakukan oleh para driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung merupakan kegiatan pengalihan atau perwakilan ini dalam pandangan Islam disebut juga dengan wakalah. Wakalah adalah pelimpahan kekuasaan oleh seseorang sebagai pihak pertama kepada orang lain sebagai pihak kedua dalam hal-hal yang diwakilkan. Dalam praktiknya kegiatan pengalihan yang dilakukan oleh para driver gofood adalah karena driver yang tertera pada aplikasi tidak bisa mengantarkan pesanan yang di pesan oleh costumer di karenakan kendala yang tidak di inginkan, namun pengalihan yang di lakukan driver terjadi tanpa sepengetahuan pihak costumer. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana terjadinya pengalihan pemesanan makanan melalui gofood yang terjadi pada driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengalihan pemesanan makanan melalui gofood yang terjadi pada driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor benyebab pengalihan pemesanan makanan melalui gofood pada driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung serta untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pengalihan pemesanan makanan melalui gofood pada driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan pihak yang bersangkutan yaitu pihak driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung dan pihak costumer. sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data dan sistematika data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pengalihan yang dilakukan oleh driver gofood terjadi karena adanya hal-hal yang tidak diinginkan dalam mengantarkan pesanan, sehingga terjadinya pengalihan. Kemudian dianilisis menurut tinjauan hukum Islam bahwa kegiatan pengalihan yang di lakukan oleh pihak driver gofood shelter Sukarame Bandar Lampung, tidak boleh, dikarenakan tidak adanya izin dari pihak costumer. “Wakalah” di katakan sah iii apabila terdapat perkataan apa saja yang menunjukan adanya izin”. Sedangkan pada kenyatannya pengalihan yang di lakukan oleh pihak driver gofood terjadi tanpa sepengetahuan pihak costumer, dan pengalihan yang dilakukan oleh pihak driver gofood terdapat adanya unsur maysir atau adanya permaian di dalamnya. Sehingga kegiatan pengalihan pemesanan makanan yang di lakukan oleh pihak driver gofood makruh menurut hukum Islam, karena tidak ada dalil yang menunjukkan haramnya perbuatan tersebut. Kata kunci: Hukum Islam, Pengalihan, Wakalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:25
Last Modified: 22 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29850

Actions (login required)

View Item View Item