IMPLEMENTASI FIQH SIYASAH TERHADAP SURAT EDARAN KEMENAG RI NOMOR 6 TAHUN 2022 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN PERIBADATAN (Studi Dilakukan Di Satgas Covid-19 Kelurahan Sumber Agung,Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung)

BAGUS, JAELANI SAPUTRA (2023) IMPLEMENTASI FIQH SIYASAH TERHADAP SURAT EDARAN KEMENAG RI NOMOR 6 TAHUN 2022 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN PERIBADATAN (Studi Dilakukan Di Satgas Covid-19 Kelurahan Sumber Agung,Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGUS JAELANI SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Virus COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV�2).Gejala-gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yang lebih jarang dan mungkin dialami beberapa pasien meliputi rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki. Kegiatan Peribadatan dan Keagamaan di Indonesia dengan adanya virus covid-19 ini juga ikut terganggu. Untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 ini, Pemerintah Indonesia bersama Kementrian Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Kemenag RI Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan Atau Keagamaan , yang bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi Surat Edaran Kemenag RI Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan di Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung?., 2. Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tanfidziyah mengenai implementasi dari Surat Edaran Kemenag RI Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan? Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data-data lapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan, dan data sekunder adalah data yang berasal dari referensibuku-buku, jurnal-jurnal, atau tulisan-tulisan yang kajiannya mendukung pembahasan skripsi ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, dan dokumentasi. iii Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Kegiatan Keagamaan di Kelurahan Sumber Agung, Lingkungan II, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung setelah dikeluarkannyaSurat Edaran Kemenag RI Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan Atau Keagamaan Di Tempat Ibadah belum berjalan dengan baik. 2. Tinjauan fiqih siyasah tanfidziyah mengenai Implementasi dari Surat Edaran Kemenag RI Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan sudah sesuai, diperjelas kembali dengan prinsip Maqashid Syariah, dan diperkuat dengan QS. Al-Maidah ayat 32. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Covid-19, Maqashid Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:40
Last Modified: 21 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item