KONSEP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi menurut Teori Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir)

Muhammad, Rake Ramadhani (2023) KONSEP KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi menurut Teori Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Rake Skripsi Cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemoderenan zaman berakibat pergeseran peran gender dari tradisional menjadi lebih egaliter. Peran perempuan telah berkembang tidak hanya sebagai istri yang hanya mengurus rumah tangga, tetapi juga menjadi salah satu kontributor ekonomi dan dapat menggantikan peran suami apabila suami tidak mampu menjalankan kewajibannya sebagai kepala keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep kepemimpinan perempuan dalam keluarga pada Kompilasi Hukum Islam (KHI)? dan Bagaimana konsep kepemimpinan perempuan dalam keluarga pada Kompilasi Hukum Islam (KHI) dalam kajian Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui konsep kepemimpinan perempuan dalam keluarga perspektif Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan untuk mengetahui konsep kepemimpinan perempuan dalam keluarga perspektif Kompilasi Hukum Islam (KHI) dalam kajian Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir. Penelitian merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analitik, menganalisis pasal di Kompilasi Hukum Islam mengenai kepemimpinan perempuan dalam rumah tangga. Kemudian dianalisis secara kualitatif dengan metode berpikir induktif, menggunakan teori mubadalah. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kepemimpinan perempuan dalam keluarga di dalam Kompilasi Hukum Islam, masih belum tampak dalam regulasinya, namun di dalam kehidupan yang sebenarnya perempuan dituntut untuk memiliki peran yang berimbang atas laki-laki. Maka dalam rangka untuk mencapai tujuan perkawinan peneliti berpendapat bahwa seyogyanya adanya regulasi yang berimbang antara peran laki-laki dan perempuan dalam keluarga, mengingat tujuan perkawinan hanyalah dapat dicapai dengan adanya kerjasama yang berimbang antara laki-laki dan perempuan sebagai suami istri. Kepemimpinan perempuan dalam keluarga pada Kompilasi Hukum Islam dalam kajian Mubadalah, bahwa Kompilasi hukum Islam belum tampak adanya kesalingan mubadalah dan kesetaraan mengenai perempuan pemimpin dalam rumah tangga, mengingat perkawinan merupakan relasi dan kerjasama antara suami dan istri untuk mencapai tujuan perkawinan. Untuk mencapai mubadalah seyogyanya agar adanya perubahan Pasal 79 KHI, bahwa jika suami berperan menjadi kepala keluaga, agar perempuan juga diberikan peluang menjadi kepala keluarga, dalam rangka untuk mengisi jika suami berhalangan untuk menjalankan fungsinya sebagai kepala keluarga, seperti suami dalam keadaan sakit, suami tidak diketahui keberadaanya dan suami telah meninggal dunia. Kata Kunci: Kepemimpinan Perempuan, Kompilasi Hukum Islam, Mubadalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:35
Last Modified: 21 Aug 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29839

Actions (login required)

View Item View Item