UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

NIA, HANDAYANI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NIA HANDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Oleh: Nia Handayani Moderasi beragama merupakan kunci terpeliharanya toleransi dan kerukunan, baik tingkat lokal, nasional maupun global. Menolak ekstremisme dan liberalisme dalam beragama adalah kunci keseimbangan, demi terpeliharanya peradaban dan terciptanya perdamaian. Dengan cara ini lah masing-masing umat beragama dapat saling menghormati, menerima perbedaan, serta hidup bersama dalam damai dan harmoni. Penelitian ini dilakukan karena penyebaran paham-paham ektrem, liberal, serta intoleran tidak hanya mengarah pada masyarakat umum saja, melainkan kalangan pelajar yang menjadi sasaran empuk dalam penyebarannya. Dikarenakan mahasiswa yang berusia relatif muda yang masih dalam tahap mencari jati diri dan rendahnya pengeahuan keagamaan peserta didik yang berusia sangat relatif muda yang masih dalam tahap pencarian jati diri, dan rendahnya pengetahuan keagamaan peserta didik sehingga mudah terpengaruh terhadap paham-paham tersebut. SMP Negeri 2 Kotabumi Lampung Utara ialah sekolah yang berada di bawah naungan pemerintah yang menjadi wadah sebagai pusat pematangan akidah, pengembangan ilmu dan tradisi keislaman, amal shaleh, akhlak mulia bagi peserta didik. Disini lah peran SMP Negeri 2 Kotabumi Lampung Utara sangat penting dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis penelitian ini maka diperoleh kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Kotabumi Lampung Utara ialah dengan cara memberikan pendalaman pengetahuan agama, selektif terhadap tenaga pengajar, penanaman komitmen kebangsaan dan penanaman toleransi. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara serta observasi penelitian terkait kegiatan�kegiatan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kotabumi Lampung Utara. Kata Kunci: Menanamkan Sikap, Moderasi Beragama, dan Peserta Didik iv ABSTRACT EFFORTS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER IN INSTRUDING ATTITUDE OF RELIGIOUS MODERATION IN CLASS STUDENTS VII IN STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 2 KOTABUMI NORTH LAMPUNG By: Nia Handayani Religious moderation is the key to maintaining tolerance and harmony, both at the local, national and global levels. Rejecting extremism and liberalism in religion is the key to balance, for the maintenance of civilization and the creation of peace. In this way, each religious community can respect each other, accept differences, and live together in peace and harmony. This research was conducted because the spread of extreme, liberal, and intolerant notions did not only target the general public, but also students who were an easy target for their spread. This is because students who are relatively young are still in the stage of searching for identity and the low religious knowledge of very young students who are still in the stage of searching for identity, and the low level of religious knowledge of students so that they are easily influenced by these understandings. SMP Negeri 2 Kotabumi North Lampung is a school under the auspices of the government which is a place as a center for maturation of faith, development of Islamic knowledge and traditions, good deeds, noble character for students. This is where the role of SMP Negeri 2 Kotabumi North Lampung is very important in instilling an attitude of religious moderation in students. The purpose of this study is to find out the efforts made by the teacher in instilling an attitude of religious moderation in students. This research is a research with a qualitative approach. Data collection techniques using the method of observation, interviews, and documentation. From the results of this research analysis, it can be concluded that the efforts made by Islamic Religious Education teachers in instilling an attitude of religious moderation in class VII students at SMP Negeri 2 Kotabumi North Lampung are by providing deep religious knowledge, being selective about teaching staff, inculcating national commitment and cultivating tolerance. This is in accordance with the results of interviews and research observations related to activities carried out at SMP Negeri 2 Kotabumi, North Lampung. Keywords: Instilling Attitudes, Religious Moderation, and Learners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:34
Last Modified: 21 Aug 2023 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item View Item