PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XII PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA AL-FALAH KRUI PESISIR BARAT

WENTI, DEA NABELA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XII PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA AL-FALAH KRUI PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam sangatlah penting bagi siswa karena jika hasil belajar siswa baik, maka dalam belajar sejarah kebudayaan islam untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi dapat dikatakan lebih baik. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti dalam penelitian di MA Al-Falah krui,Pesisir Barat kelas XII untuk hasil belajar siswa tergolong kategori cukup rendah yaitu dimana siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM (nilai>75) dari 43 siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 siswa. peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII -1 dan XII-2 MA Al-Falah krui, Pesisir Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probality sampling jenis cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes( pretest/posttest), obeservasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validasi, homogenitas, N-Gain. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji statistic “t”, atau Uji-T. Hasil pengajuan hipotesis menggunakan Uji-T dengan nilai signifikasi= 0,05, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 yang dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansinya(2-tailed)<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Hal ini menunjukkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas XII Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Al-Falah Krui Pesisir Barat. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap para siswa, model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar karena selain meningkatkan kerja sama antar tim, siswa juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya sehingga bisa iii meningkatkan rasa percaya diri, siswa dalam berpendapat. Sehingga bisa disimpulkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model, Numbered Heads Together (NHT), Hasil belajar iv ABSTRACT Student learning outcomes in learning Islamic cultural history are very important for students because if student learning outcomes are good, then in learning Islamic cultural history to solve the problems faced can be said to be better. Based on the results of research conducted by researchers in research at MA Al-Falah krui, the west coast of class XII for student learning outcomes is classified as a fairly low category, where students still get scores below KKM (score>75) from 43 students who reach KKM as many as 26 students. Researchers are interested in applying the Numbered Heads Together learning model which aims to determine the effect of the Numbered Heads Together learning model on student learning outcomes. This research is a type of Quasy Experimental Design research. The sample of this study was students of grade XII-1 and XII-2 MA Al�Falah krui, west coast. The sampling technique used is probality sampling type cluster random sampling. Data collection techniques in this study are in the form of tests (pretest / posttest), conservation, documentation and interviews. The analysis techniques used are validation tests, homogeneity, N-Gain. Hypothesis testing in this study uses statistical test "t", or T-Test. The results of submitting a hypothesis using the T-Test with a significance value = 0.05, a significant value of 0.001 was obtained which can be concluded that the significance value (2-tailed) <0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. This shows a significant difference between the initial variable and the final variable. This shows that there is an influence of the Numbered Heads Together (NHT) type cooperative learning model on the learning outcomes of students in class XII in SKI subjects at Ma Al-Falah Krui West Coast. Based on the results of interviews conducted by researchers on students, the Numbered Heads Together (NHT) Type Cooperative Learning model is very effective for improving learning outcomes because in addition to increasing cooperation between teams, students are also given the opportunity to express their opinions so that they can increase students' confidence in opinion. So it can be concluded that the Numbered Heads Together (NHT) Type Cooperative Learning model is effective in improving student learning outcomes. Keywords: Model, Numbered Heads Together (NHT), Learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:15
Last Modified: 21 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item