ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN SBDP DI KELAS II MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Evi, Octavia Setiani (2023) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN SBDP DI KELAS II MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVI OCTAVIA SETIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menurut Hartanto yaitu merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan mudah diterapkan oleh pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di kelas II C MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang masih belum bervariasi. Dipilihnya model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SBdP karena merupakan pembelajaran kooperatif yang mampu membuat peserta didik tertarik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil atau evaluasi pembelajaran SBdP di kelas II C MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitataif dengan menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas II C. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang dilakukan pendidik maupun peserta didik sebelum pembelajaran yaitu melakukan persiapan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran pendidik menyampaikan tujuan dan pembentukan kelompok sebelum memulai menyampaikan materi dan juga tugas serta adanya pemberian penghargaan kelompok. Dalam evaluasi pembelajaran pendidik memberikan pertanyaan tanya jawab dan juga tugas yang ada di buku tematik sebagai tolak ukur untuk mengetahuai pemahaman individu. Kata Kunci : Penerapan Model, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD iii ABSTRAK According to Hartanto, the STAD type cooperative learning model is one of the simplest cooperative learning methods and is easily implemented by educators and students. This research is motivated by the learning process in class II C MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung which is still not varied. The STAD cooperative model was chosen for SBdP learning because it is cooperative learning that is able to make students interested in learning. This study aims to determine the process of implementing learning using the STAD type cooperative learning model starting from planning, implementation and results or evaluation of SBdP learning in class II C MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative research using data collection in the form of observation, interviews and documentation. The subjects of this study were educators and students of class II C. Data analysis techniques through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validation technique uses data triangulation techniques using source triangulation. The results of this study indicate that what educators and students do before learning is preparing for learning. In the learning process the educator conveys the goals and formation of groups before starting to deliver material and also assignments as well as giving group awards. In the evaluation of learning, educators provide question and answer questions and also assignments in the thematic books as a benchmark for knowing individual understanding. Keywords: Model Application, STAD Type Cooperative Learning Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:05
Last Modified: 21 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29820

Actions (login required)

View Item View Item