PENGARUH METODE LEARNING BY GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Sahara, Delta Elfini (2018) PENGARUH METODE LEARNING BY GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (61MB)

Abstract

Matematika merupakan pembelajaran terpadu yang berkaitan denga cara mencari tahu dan memahami hakikat matematika dengan memecahkan masalah secara sistematis. Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia berhubungan dengan ide dan penalaran. Ide-ide yang dihasilkan oleh pikiran-pikiran manusia itu merupakan sistem-sistem yang bersifat untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak, dimana masing-masing sistem bersifat deduktif sehingga berlaku umum dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi siswa kelas III MIN 10 Bandar Lampung memiliki rasa jenuh dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah materi matematika yang belum mereka pahami, sehingga hasil belajar matematika relative rendah. Salah satu alternative yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode learning by games dalam pembelajaran. Metode learning by games merupakan metode belajar yang dilaksanakan dengan gembira tanpa ada unsur paksaan dan dengan permainan tersebut dapat mengembangkan kreatifitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh metode learning by games terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di MIN 10 Bandar Lampung. Sampel yang diambil terdiri dri 2 kelas yan diperoleh menggunakan sampel random sampling yakni kelas eksperimen (III A) yang diterapkan metode learning by games dan kelas control (III B) menggunakan metode talking stick. Teknik pengumpulan data yaitu test (pretest dan postest) dan dokumentasi, setelah data test dikumpulkan kemudian akan dianalisis menggunakan analisis statistic demgan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji t yaitu eksperimen > kontrol, Dengan nilai 1.687 > 1.681 sehingga H

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:07
Last Modified: 15 Jan 2018 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item