KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBADAH MAHDHAH DI TPA KARYA JAYA KECAMATAN SUKAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Putri, Oktapiani (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBADAH MAHDHAH DI TPA KARYA JAYA KECAMATAN SUKAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Putri Oktapiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi interpersonal menjadi bentuk komunikasi pada manusia yang paling murni serta paling dasar. Pada setiap momen dalam kehidupan, manusia mendapatkan pesan melalui mata, kulit, telinga, hidung, ataupun alat indera lainnya. Sebagai seorang muslim, tujuan utama dalam hidupnya nya adalah beribadah kepada Allah SWT. Tetapi, ada kalanya iman setiap muslim sering kali tidak stabil terkadang naik dan terkadang turun, sehingga mempengaruhi semangat dalam melaksanakan ibadahnya. Oleh sebab itu, perlu adanya komunikasi yang efektif untuk menggerakkan kembali jiwanya agar imannya kembali naik dan menjalan kan ibadah dengan baik, khususnya dalam hal ibadah mahdah. Oleh sebab itu peneitian ini akan membahas mengenai komunikasi interpersonal dalam meningkatkan ibadah mahdhah di TPA Karya Jaya Kecamatan sukau Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari guru ngaji di TPA karya jaya. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari lingkungan sekitar TPA karya jaya kecamatan sukau kabupaten lampung barat. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Metode komunikasi interpersonal yang dilakukan untuk mengingkatkan pengetahuan ibadah mahdhah ialah dengan cara mengajarkan dan memberikan contoh untuk melaksanakan 1) sholat 2) puasa dan 3) membaca al-Qur’an. a) mengajarkan ibadah sunnah seperti sholat sunnah rawatib, b) puasa wajib di bulan ramadhan dan puasa sunah pada hari senin dan kamis, c) membaca al-Qur’an seperti mengenali huruf hijayyah dan tajwid. Faktor penghambat yang terjadi di TPA Karya Jaya dalam komunikasi interpersonal untuk meningkatkan ibadah mahdhah adalah kurangnya 1) media belajar seperti kurangnya sarana sehingga sulit menyampaikan informasi contohnya seperti belajar sejarah kisah nabi mereka sulit mencerna ketika hanya diceritakan, 2) sulit memahami dikarenakan mereka tidak konsentrasi ketika belajar, 3) suka asik sendiri hanya terfokus pada dunia mereka, disebabkan juga umur mereka yang masih sangat masih kecil untuk belajar secara fokus di tambah lagi permasalahan eksternal seperti adanya HP yang membuat mereka sering bermain HP, serta faktor kurangnya jumlah pengajar profesional yang benar benar memiliki kapasitas ilmu yang memadai. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Ibadah Madhah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:55
Last Modified: 18 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29812

Actions (login required)

View Item View Item