STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung)

Sari, Yulita (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_YULITA_SARI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

PT. BPRS Mitra Agro Usaha salah satu bank perkreditan rakyat yang berdiri secara indivenden dengan menjalankan usaha berdasarkan prinsip syariah yaitu dengan prinsip bagi hasil pada produk simpanan dan pembiayaan dengan produk murabahah PT. BPRS Mitra Agro Usaha merupakan salah satu dari lembaga keuangan syari’ah yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh para nasabahnya. Permasalah yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan produk dalam pembiayaan murabahah dan bagaimana cara meningkatakan kualitas pembiyaan murabahah di PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi apa yang diterapkan oleh PT. BPRS Mitra Agro Usaha dan bagaimana analisis dari strategi pengembangan produk bank syariah dalam meningkatkan kualitas pembiayaan. Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kualitatif deskriftif analisis, dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Dengan dengan metodologi ini, penelitian berusaha memberikan pemecahan masalah dengan mengumpulkan data lapangan, menyusun, mengklarifikasi serta menganalisis data mengenai startegi pengembangan produk bank syari’ah dalam meningkatkan kualitas pembiayaan PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung. Hasil penelitian yang diperoleh adalah(1) dalam aplikasi pembiayaan murabahah PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung memberikan pelayanan prima (good service) terhadap calon nasabah yang melakukan pengajuan pembiayaan.(2) startegi yang diterapkan PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung dalam pengembangan produk pembiayaan murabahah adalah bauran pemasaran yaitu (a) produk yaitu PT. BPRS Mitra Agro Usaha menciptakan produk pembiayaan murabahah yang inovatif, yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan calon nasabah (b) promotion yaitu PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung menggunakan media cetak , elektronik, dan online serta melalui pameran (c) place yaitu PT.BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung terletak di Jln. Hayam Wuruk Sawah Lama sehingga lokasi kantor yang strategis, selain itu PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung sehingga bekerja sama dengan PT. BPRS pusat yang di Bandar Lampung dala mendistribusikan pembiayaan murabahah. Kesimpulan penelitian ini adalah startegi yang diterapkan PT. BPRS Mitra Agro Usaha dalam pengembangan produk pembiayaan murabahah yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik serta memberikan sebuah produk yang dapat menjawab kebutuhan dan keinginan calon nasabah sudah sesuai dengan prinsip syariah. Kata Kunci : Pengembangan Produk, Pembiayaan Murabahah, PT. BPRS Mitra Agro Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:01
Last Modified: 15 Jan 2018 02:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item