PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 LAHAT

SINDI, DEKA NINGSIH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI 3 LAHAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Pemahaman Konsep Fiqih Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 3 Lahat Oleh SINDI DEKA NINGSIH Rotating Trio Exchange (RTE) merupakan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalam mengulang materi agar peserta didik terlatih dalam menemukan menguasai konsep dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik . Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa Pemahaman konsep fiqih peserta didik kurang maksimal, guru menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab, dan memberikan tugas. Oleh Karena itu, maka perlu digunakan pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap pemahaman konsep fiqih pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 3 Lahat. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain pretest - posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test berupa soal uraian pemahaman konsep fiqih. Validasi isi dilakukan oleh ahli materi. Teknik Analisis Intrumen menggunakan Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda. Teknik Analisis prasyarat menggunakan Uji N-gain, Uji normalitas dan uji Homogenitas. Uji Hipotesis menggunakan uji-t Hasil uji N-gain kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata = 0.712 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata = 0.430. Hasil uji normalitas kelas eksperimen memiliki nilai Sig. = 0.200 dan kelas kontrol memiliki nilai Sig. = 0.108. Maka Sig. dari masing-masing kelas , diterima atau kedua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas di atas diperoleh Sig. = 0.073 > maka diterima atau kedua data homogen. Hasil uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep fiqih dapat dilihat bahwa sig (2-tailed) < α yaitu 0.000 < 0.05 ini berarti pada taraf signifikan α= 0.05 H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep fiqih peserta didik dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep fiqih. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange (RTE), Pemahaman Konsep Fiqih iv ABSTRACT By SINDI DEKA NINGSIH Rotating Trio Exchange (RTE) is a learning model that can involve students in repeating material so that students are trained in finding mastery of concepts and learner-centered learning. Based on the results of the preliminary study it is known that students' understanding of the concept of fiqh is not optimal, the teacher uses a conventional learning model with lecture methods, question and answer, and giving assignments. Therefore, it is necessary to use Rotating Trio Exchange (RTE) learning which can help students in the learning process. This study aims to determine whether there is an effect of Rotating Trio Exchange (RTE) learning on understanding the concept of fiqh in class VIII students of MTs Negeri 3 Lahat. This research method is a quasi-experimental design. The experimental design used in this study uses a pretest - posttest design. The data collection technique in this study was a test in the form of a description of the understanding of the concept of fiqh. Content validation was carried out by material experts. Instrument Analysis Techniques using Validity, Reliability, Difficulty Level, and Difference Power. The prerequisite analysis technique uses the N-gain test, normality test and homogeneity test. Hypothesis test using t-test The experimental class' N-gain test results have an average value = 0.712 and the control class has an average value = 0.430. The results of the normality test for the experimental class have a value of Sig. = 0.200 and the control class has a value of Sig. = 0.108. Then Sig. from each class > , H_0 is accepted or both data are normally distributed. The results of the homogeneity test above were obtained by Sig. = 0.073 > then H_0 is accepted or both data are homogeneous. The results of the hypothesis test of the ability to understand the concept of fiqh can be seen that sig (2-tailed) < α, namely 0.000 < 0.05, this means that at a significant level α = 0.05 H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that the students' understanding of fiqh concepts using the Rotating Trio Exchange (RTE) learning model has an influence on the understanding of fiqh concepts. Keywords: concept of fiqh, Rotating Trio Exchange (RTE)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:56
Last Modified: 18 Aug 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item View Item