PENGARUH PENDEKATAN METACOGNITIVE GUIDANCE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

IZNI, MARWA HANIFAH (2023) PENGARUH PENDEKATAN METACOGNITIVE GUIDANCE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Izni BAB I & II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Izni Lengkap (Fix).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan penalaran proporsional dan kemampuan literasi matematis peserta didik sangat penting. Kemampuan penalaran proporsional adalah kemampuan untuk mulai memahami hubungan perkalian dimana sebagian besar konsep aritmatika biasanya berdasarkan penjumlahan atau bisa dilihat dari bagaimana para peserta didik menyelesaikan dan mengatur strategi. Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menafsiran, dan menginterpretasi matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari diterapkannya pendekatan Metacognitiv Guidance (MG) terhadap kemampuan penalaran proporsional dan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Kata Kunci: Pendekatan Metacognitiv Guidance (MG), Kemampuan Penalaran Proporsional, Kemampuan Literasi Matematis. iii ABSTRACT Proportional reasoning abilities and students' mathematical literacy abilities are very important. Proportional reasoning ability is the ability to begin to understand multiplication relationships where most of the arithmetic concepts are usually based on addition or can be seen from how students solve and organize strategies. Mathematical literacy ability is a person's ability to formulate, interpret, and interpret mathematics in various contexts. This study aims to find out how the effect of applying the Metacognitive Guidance (MG) approach is on students' proportional reasoning abilities and mathematical literacy. This research is a quantitative research with a Quasi Experiment Design research design. The population of this study is all class VII students of SMP Negeri 36 Bandar Lampung. The sampling technique is Cluster Random Sampling. The data analysis technique used in this study is the normality test and homogeneity test. Testing the hypothesis in this study used the Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) Test. Keywords: Metacognitive Guidance (MG) Approach, Proportional Reasoning Ability, Mathematical Literacy Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:43
Last Modified: 18 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item View Item