PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG

UKHTI, HANIEFAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN WAY LUNIK PANJANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of UKHTI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangin belum optimalnya kemampuan numerik yang diperoleh pada peserta didik kelas V di SDN Way Lunik, Panjang Bandar Lampung. Salah satu faktor rendahnya hasil kemampuan numerik siswa yaitu kurang meresponnya peserta didik dalam pembelajaran.kemampuan numerik dalam pembelajaran matematika sangat di perlukan oleh peserta didik untuk mempermudah proses belajar mengajar. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Problem Solving yang sekaligus dapat melihat perkembangan kemampuan numerik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan numerik peserta didik kelas V SDN Way Lunik Panjang Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment (Quasy Eksperimen Design). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Way Lunik, Panjang Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Untuk mengukur hasil kemampuan numerik peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah butir soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Dependent Sample t – Test atau Paired sample t – Tes dengan taraf diperoleh Sig. ( -tailed) sebesar maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika Sig. < ( < ) maka dapat disimpulkan H ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan numerik peserta didik kelas V di SDN Way Lunik, Panjang Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Numerik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:36
Last Modified: 18 Aug 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29795

Actions (login required)

View Item View Item