LAYANAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN REALITAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

RISMA, NOVIANDINI (2023) LAYANAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN REALITAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SEKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SEKRIPSI RISMA NOVIANDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul layanan konseling individu pendekatan realitas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran bahasa inggris kelas VIII smp al azhar 1 bandar lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tahapan layanan konseling individu pendekatan realitas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran bahasa inggris kelas VIII smp al azhar 1 bandar lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek merupakan guru bimbingan dan konseling dan peserta didik kelas VIII di SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. Alat instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi informan dalam penelitian ini adalah guru BK dan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahapan pelaksanaan layanan konseling individu pendekatan realitas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran bahasa inggris kelas VIII smp al azhar 1 bandar lampung. Hasil penelitian ini yang telah dilakukan terdapat 1 peserta didik yang minat belajarnya rendah dalam mata pelajaran bahasa inggris kemudian diberikan bimbingan dan dapat dikatakan berhasil dengan bukti masing-masing peserta didik sudah mampu melakukan perubahan perilaku dan penyelesaiannya masalah yang dihadapi. Pelaksanaan layanan konseling individu pendekatan realitas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik mata pelajaran bahasa inggris kelas VIII smp al azhar 1 bandar lampung. yang dilaksanakan oleh guru BK ada tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu tahapan awal (pembukaan ), tahap inti ( pertengahan ), tahap akhir ( pengakhiran ). Kata kunci: konseling individu, pendekatan realitas, minat belajar peserta didik yang rendah iii ABSTRACT The author takes the title "Individual Counseling Services With a Reality Approach to Overcome the Low Learning Interest of Students in English Class VIII Subjects at Middle School Al Azhar 1 Bandar Lampung". The purpose of this research is to find out how the stages of individual counseling services with a reality approach to overcome the low learning interest of students in English class VIII at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. The research method used in this study is a type of descriptive qualitative research. This study uses data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. The subject is a guidance and counseling teacher and class VIII students at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. The instruments used to collect data were interviews, observation and documentation of informants in this study were counseling teachers and students. The formulation of the problem in this study is how the stages of implementing individual counseling services with a reality approach to overcome the low interest in learning students in English class VIII at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. The results of this research that have been carried out are 1 student who has a low learning interest in English subjects and is then given guidance and can be said to be successful with evidence that each student has been able to make changes in behavior and solve the problems faced. Implementation of individual counseling services with a reality approach to overcome the low learning interest of students in English class VIII at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung which is carried out by the counseling teacher, there are stages carried out namely the initial stage (opening), the core stage (mid ), the final stage (termination). Keywords: individual counseling, reality approach, low learning interest of students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:24
Last Modified: 18 Aug 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item