TINJAUAN FIQH SIYASAHTERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NO. TAHUN TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN ATAU BAKAT ISTIMEMA (Studi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur)

VYA, MELLA PERMADANI PARNOTO (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAHTERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NO. TAHUN TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN ATAU BAKAT ISTIMEMA (Studi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of VYA MELA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Di mana setiap anak-anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak tanpa terkecuali. Tetapi berdasarkan kenyataan yang terjadi di lapangan masih sering ditemukan pendidikan yang belum layak untuk anak-anak khususnya anak-anak disabilitas. Pendidikan Inklusif adalah sebagai penerimaan anak-anak yang memiliki hambatan ke dalam kurikulum, lingkungan, interaksi sosial dan konsep diri atau visi misi sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusi bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Timur dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap Implemntasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Timur. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur sebanyak 54 orang dan penyandang disabilitas 696 jiwa. Sampel akan menggunakan teknik purposive sampling, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 7 orang yang terdiri dari 1 kepala dinas, 1 sekretaris dinas, 1 kepala bidang pendidikan dasar, 1 staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur, 2 siswa-siswi disabilitas, dan 2 wali murid disabilitas di Lampung Timur. Teknik pengelolaan data dalam penelitian ini yaitu pemeriksaan data, sistematisasi data, dan prosedur analisis data. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Atau Bakat Istimewa di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur dapat dinyatakan secara efektif dalam melindungi peserta didik yang memiliki kelainan namun dalam pelaksanaanya belum berjalan dapat iii dilihat dari adanya implementasi pemerintah belum bisa memberikan sekolah pendidikan ingklusif kepada peserta didik yang memiliki kelainan di Kabupaten Lampung Timur. Tinjauan fiqh siyasah terhadap Implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan Atau Bakat Istimewa di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur dalam pandangan fiqh siyasah tanfidziyyah belum sesuai dengan siyasah tanfidziyyah melihat pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009 belum dijalankan karean karena pemerintah daerah tidak menjalankan prinsip keadilan untuk anak-anak disabilitas. Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Peraturan Menteri, Siyasah Tanfidziyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:26
Last Modified: 16 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29765

Actions (login required)

View Item View Item