HUBUNGAN ANTARA MUHASABAH DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN

Julia, Yustina (2023) HUBUNGAN ANTARA MUHASABAH DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SANTRI PENGHAFAL AL-QUR’AN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Menghafal Al-Qur’an merupakan proses mengulang bacaan Al-Quran dengan cara membaca dan mendengarkan, sehingga bacaan tersebut tertanam dalam ingatan dan dapat dibaca atau diulang tanpa melihat mushaf Al-Quran. Dalam menghafal Al-Qur’an banyak sekali tantangan yang harus dilewati oleh para penghafal Al-Qur’an salah satunya ialah motivasi menghafal yang menurun. Oleh karenanya diperlukan motivasi serta bermawas diri atau biasa disebut dengan muhasabah yang kuat untuk terus menghafal serta menjaga hafalan Al-Qur’an. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara muhasabah dengan motivasi menghafal Al�Qur’an. Penelitian ini dilakukan pada santri penghafal Al-Qur’an sebanyak 60 orang. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala, yaitu skala muhasabah sebanyak 16 item (α = 0,827) dan skala motivasi menghafal Al-Qur’an sebanyak 17 aitem (α= 0,856). Teknik analisa yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows. Adapun pada hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara muhasabah dengan motivasi menghafal Al�Qur’an dengan koefisien r= 0,404 dan p= 0.001 (p < 0.005). maka dapat disimpulkan bahwa muhasabah berdampak signifikan dengan motivasi menghafal Al-Qur’an, artinya semakin tinggi muhasabah maka akan semakin tinggi pula motivasi menghafalnya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah muhasabah maka akan semakin rendah pula motivasi menghafalnya. Kata Kunci: Motivasi Menghafal, Muhasabah, Santri Penghafal Al�Qur’an. ABSTRACT Memorizing the Qur'an is the process of repeating the recitation of the Qur'an by reading and listening, so that the recitation is embedded in memory and can be read or repeated without looking at the Qur'an. In memorizing the Qur'an, there are many challenges that must be overcome by the memorizers of the Qur'an, one of which is the declining motivation to memorize. Therefore, motivation and introspection or commonly referred to as strong muhasabah are needed to continue memorizing and maintaining the memorization of the Qur'an. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between muhasabah and motivation to memorize the Qur'an. This research was conducted on 60 students who memorized the Qur'an. By using quantitative methods with a field approach (field research). The sample collection technique uses purposive sampling method. The data collection method uses 2 scales, namely the muhasabah scale of 16 items (α = 0.827) and the motivation scale for memorizing the Qur'an of 17 items (α = 0.856). The analysis technique used is product moment correlation analysis with the help of SPSS 20.0 for windows software. As for the results of hypothesis testing, it shows that there is a significant positive relationship between muhasabah and motivation to memorize the Qur'an with the coefficient r = 0.404 and p = 0.001 (p < 0.005). it can be concluded that muhasabah has a significant impact on the motivation to memorize the Qur'an, meaning that the higher the muhasabah, the higher the motivation to memorize. Vice versa, the lower the muhasabah, the lower the motivation to memorize. Keywords: Motivation to Memorize, Muhasabah, Santri Al-Qur'an Memorizers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:21
Last Modified: 16 Aug 2023 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item