HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 3 KAMPUNG BARU RAYA BANDAR LAMPUNG

SRI, RAHAYU MEILANI (2023) HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 3 KAMPUNG BARU RAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SRI RAHAYU FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan multiple intellegences dengan hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di SD N Kampung Baru Raya Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian cross sectional merupakan jenis penelitian yang menekankan waktu pengukuran/ observasi data variabel independenya adalah multiple intellegences dan variabel dependen hasil belajar mata pelajaran IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N Kampung Baru Raya Bandar Lampung tahun ajaran semester ganjil berjumlah peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah secara Simple Random Sampling. Hasil penelitian ini adalah Hubungan multiple intelligences dengan hasil belajar IPA kelas V menunjukkan bahwa dari responden terdapat ( ) responden berjenis kelamin Laki-laki dan ( ) responden dengan jenis kelamin perempuan. Karakteristik kategori nilai Multiple_Intellegences Responden responden dari tabel diatas dapat dilihat bahwa dari responden terdapat sebanyak responden dengan nilai baik dengan prsentase , sebanyak responden dengan kategorinilai sedang dengan persentase dan responden dengan kategori nilai buruk responden. Sig. ( -tailed) < maka Ho ditolak danH diterimayang artinya ada hubungan yang signifikan antara multiple intellegences dengan hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di SD N Kampung Baru Raya Bandar Lampung. Keeratan hubungan dapat dilihat berdasarkan nialai correlation coefficient yaitu yang menunjukkan hubungan yang positif anatara multiple intellegences dengan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan kekuatan hubungan yang “sedang” Kata Kunci: Multiple Intellegences, Hasil Belajar, IPA iv ABSTRACT The purpose of this study was to determine the relationship between multiple intelligences and learning outcomes in science subjects for fifth grade students at SD N Kampung Baru Raya Bandar Lampung. This research is a quantitative study with a cross sectional approach . Cross sectional research is a type of research that emphasizes the time of measurement/observation of the data of the independent variables, namely multiple intelligences and the dependent variable of learning outcomes in science subjects. The population in this study were all students in class V SD N Kampung Baru Raya Bandar Lampung for the odd semester academic year, totaling students . The sampling technique in this study was Simple Random Sampling. The results of this study were the relationship between multiple intelligences and science learning outcomes in class V, showing that out of respondents there were ( ) male respondents and ( ) female respondents. Characteristics of the multiple intelligences category of respondents . From the table above, it can be seen that of the respondents, there were respondents with good grades with a percentage of , respondents with moderate scores with a percentage of and respondents with a bad score category of of respondents. Sig. ( -tailed) < , then Ho is rejected and H is accepted, which means that there is a significant relationship between multiple intelligences and learning outcomes in science subjects for class V students at SD N Kampung Baru Raya Bandar Lampung. The closeness of the relationship can be seen based on the value of the correlation coefficient, which is . which shows a positive relationship between multiple intelligences and learning outcomes in science subjects with a "moderate" relationship strength. Keywords: Multiple Intelligences, Learning Outcomes, Science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:19
Last Modified: 16 Aug 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29763

Actions (login required)

View Item View Item