PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS V DI MIS AL-MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG

Wahyuningsih, Putri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS V DI MIS AL-MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PUTRI_WAHYUNINGSIH.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Fiqih Kelas V diMIS Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung”. Permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran Fiqih yaitu rendahnya tingkat partisipasi dan hasil peserta didik, dikarenakan pada proses pembelajaran sebelumnya guru menggunakan metode konvensional dimana peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Maka peneliti menggunakan model pembelajaran Course Review Horay karena dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al- Muhajirin Panjang Bandar Lampung. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas V, yakni yang terdiri dari kelas eksperimen (VA) yang diterapkan model pembelajaran Course Review Horay dan kelas control (VB) menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Teknik pengumpulan data yaitu test (pretest dan postest) dan dokumentasi, setelah data test dikumpulkan kemudian akan dianalisis menggunakan analisis statistic dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan materi khitan. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat thitung > ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 2,51>2,02. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:17
Last Modified: 12 Jan 2018 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item